Legislator: Yusman pematung nasional yang mendunia

id Legislator Sumbar

Legislator: Yusman pematung nasional yang mendunia

Anggota DPRD Sumatera Barat (Sumbar) Syamsul Bahri berfoto bersama seniman Indonesia asal Kabupaten Pasaman yakni Yusman. (Antara/HO-Humas DPRD Sumbar).

Padang (ANTARA) - Anggota DPRD Sumatera Barat (Sumbar) Syamsul Bahri mengatakan salah seorang seniman Indonesia asal Kabupaten Pasaman yakni Yusman ialah pematung nasional yang mendunia dengan menjaga sejarah kebangsaan Indonesia melalui karya berbagai monumen di banyak daerah di Tanah Air.

"Ia adalah pematung nasional orang Pasaman yang selalu mencintai kampung halaman, walaupun saat ini hidup menetap dan berkarya di Jogjakarta," kata dia melalui keterangan tertulis yang diterima di Padang, Senin (16/10).

Syamsul Bahri mengatakan pihaknya telah melihat secara langsung karya seni dengan detail indah pematungan tokoh-tokoh nasional karya Yusman mulai dari enam presiden Indonesia, Soekarno-Hatta, Jendral Sudiman hingga tokoh seniman dunia Affandi.

"Kita menyangka sosok Yusman mampu menjadi pematung nasional dan internasional mengharumkan nama bangsa Indonesia termasuk Pasaman, Sumatera Barat", ujar dia.

Sebagai putra Pasaman, ia mengaku bangga kepada sosok Yusman dengan karya seni patung yang luar biasa serta mudah-mudahan ke depan juga ada karya yang bersangkutan di tanah kelahiran Pasaman, Sumbar sebagai sejarah yang mengingatkan generasi Pasaman di masa datang.

Sementara itu, Yusman dalam kesempatan itu mengatakan Pasaman adalah daerah yang hijau, subur dan indah serta banyak potensi yang dapat dikembangkan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.

"Untuk memajukan Pasaman, kita butuh orang-orang yang mau bekerja keras dalam membangun daerah, bersemangat, gigih dan peduli kepada masyarakat," tuturnya.

Ia menambahkan Pasaman memiliki banyak tempat bersejarah dalam perjuangan rakyat untuk Indonesia merdeka.

"Sejak dari perjuangan pahlawan nasional Tuanku Imam Bonjol, Tuanku Rao serta banyak pejuang pemuda Pasaman tak dikenal yang gagah perkasa mengusir kaum penjajah. Kita ingin ke depan putra Pasaman dapat tampil berkontribusi memajukan Pasaman, Sumbar dan Indonesia," harapnya.