FORIKAN Pesisir Selatan ikuti Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2023

id berita pessel,berita sumbar,FORIKAN Pesisir Selatan,stunting pessel

FORIKAN Pesisir Selatan ikuti Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2023

FORIKAN Pesisir Selatan ikuti Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2023 (ANTARA/HO-Pemkab Pessel)

Painan (ANTARA) - Forum Peningkatan Konsumsi Makan Ikan (FORIKAN) Kabupaten Pesisir Selatan mengikuti kegiatan Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2023 yang diadakan oleh FORIKAN Provinsi Sumatera Barat.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas (Kadis) Perikanan dan Pangan Kabupaten Pesisir Selatan, Firdaus saat mendampingi kegiatan tersebut di Padang, Selasa (25/09).

"Ini merupakan kegiatan tahunan yang diadakan FORIKAN Sumatera Barat dan juga rangkaian kegiatan menyambut Hari Jadi Provinsi Sumatera Barat yang ke-78," kata Firdaus.

Ia menambahkan kegiatan ini juga sebagai upaya promosi peningkatan konsumsi ikan masyarakat terutama dalam pencegahan dan penurunan angka stunting di Provinsi Sumatera Barat.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Ketua FORIKAN Kabupaten Pesisir Selatan, Ny. Titi Rusma Yul Anwar bersama pengurusnya.

"Adapun kategori yang diadakan adalah perlombaan masak berbahan baku ikan untuk menu keluarga, menu balita dan menu kudapan yang diikuti oleh 19 Kabupaten/Kota di Sumatera Barat. Alhamdulillah FORIKAN Kabupaten Pesisir Selatan berhasil memperoleh Juara Harapan III pada kategori menu kudapan," jelasnya.

Kadis mengungkapkan Salah satu hasil olahan ikan dari Pesisir Selatan yang berhasil mencuri perhatian Ketua FORIKAN Sumatera Barat adalah Rendang Lokan Khas Pesisir Selatan.

"Inovasi olahan berbahan dasar ikan selain dapat meningkatkan minat masyarakat konsumsi ikan juga dapat meningkatkan tingkat perekonomian pelaku usaha perikanan," tuturnya.

Selain acara lomba masak serba ikan, pada kegiatan ini juga dilaksanakan Bazar Produk Olahan Ikan dari masing-masing Kabupaten/Kota di Sumatera Barat.