Pemkab Solok gelar beragam kegiatan sambut HUT RI ke-78

id Pemkab Solok, gelar beragam, kegiatan sambut, HUT RI ke-78

Pemkab Solok gelar beragam kegiatan sambut HUT RI ke-78

Sekda Kabupaten Solok Medison saat pimpin apel pagi di lingkup Pemkab Solok (ANTARA/HO-Humas)

Solok (ANTARA) - Pemerinta Kabupaten (Pemkab) Solok, Sumatera Barat menggelar beragam kegiatan dalam rangka memeriahkan serta menyambut kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke-78 tahun 2023.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Solok Medison di Arosuka, Selasa mengatakan dalam rangka memeriahkan HUT-RI yang ke-78, Pemkab Solok sudah mulai mengadakan beberapa kegiatan.

Medison menyebutkan kegiatan yang sudah dilaksanakan diantaranya berupa lomba karaoke dan juga telah melaksanakan gerak jalan santai yang bertempat di Dermaga Singkarak.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh OPD karena telah berpartisipasi dalam memeriahkan HUT RI yang ke-78 pada tahun ini," ujar dia.

Selain itu, kata Sekda Pemkab Solok juga akan melaksanakan kegiatan berupa outbound dengan berbagai macam lomba yang diikuti oleh seluruh OPD kecamatan dan nagari (desa) di Kabupaten Solok.

"Setelah itu, kita juga akan melaksanakan lomba masak antar nagari (desa) yang diadakan oleh TP-PKK Kabupaten Solok dan puncaknya akan ada lomba memasak antar Forkopimda," ujar dia.

Puncak peringatan HUT-RI yang ke-78 pada tanggal 17 Agustus 2023, di mana akan dilaksanakan upacara kemerdekaan RI secara terapung di dermaga Danau Singkarak.

"Pada tanggal 19 Agustus 2023 kita akan melaksanakan pawai pembangunan yang bertempat di Arosuka," ujar dia.

Selain itu, ia juga mengimbau bagi karyawan yang memiliki tugas pelayanan terhadap masyarakat tetap melaksanakan tugas untuk melayani jangan sampai kegiatan tersebut mengganggu pelayanan kita terhadap masyarakat.

Madison juga mengajak masyarakat di daerah itu agar bersama-sama ikut memeriahkan dalam menyambut Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) yang Ke-78 dengan mengikuti beragam kegiatan yang diadakan.

Tanggal 17 Agustus bukan hanya perayaan kemerdekaan tetapi juga menjadi momentum merefleksikan arti perjuangan para pendahulu dalam merebut kemerdekaan dari tangan penjajah.

Momentum 17 Agustus merupakan momentum terpenting untuk menguatkan kembali identitas kebangsaan, persatuan, persaudaraan, kesetiakawanan, dan gotong royong yang menyatu dalam nilai-nilai Pancasila.