Polri gelar penelitian pemberantasan preman dan kejahatan jalanan di Bukittinggi

id Polresta Bukittinggi,pemberantasan kejahatan jalanan dan premanisme di Polresta Bukittinggi,Berita bukittinggi,Berita sumbar

Polri gelar penelitian pemberantasan preman dan kejahatan jalanan di Bukittinggi

Kegiatan penelitian tentang penguatan pemberantasan kejahatan jalanan dan premanisme di Polresta Bukittinggi oleh Puslitbang Polri (Antara/Al Fatah)

​​​​​​​Bukittinggi (ANTARA) - Polri melalui Pusat Penelitian dan Pengembangan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Puslitbang) melaksanakan penelitian tentang penguatan pemberantasan kejahatan jalanan dan premanisme di Polresta Bukittinggi, Rabu.

"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penilaian, persepsi, dan ekspektasi masyarakat terhadap kinerja kepolisian dalam memberantas kejahatan jalanan dan aksi premanisme," kata Kapolresta Bukittinggi, Kombespol Yessi Kurniati.

Ia mengungkap pelatihan ini juga bertujuan untuk menganalisis upaya dan tantangan yang dihadapi personel Polri dalam meningkatkan upaya pemberantasan kejahatan jalanan dan aksi premanisme.

"Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif melalui penyebaran angket, metode kualitatif melalui Focus Group Discussion (FGD) dan wawancara mendalam serta pengumpulan data sekunder," kata Ketua Tim, Kombespol Aziz Saputra.

Azis mengatakan kegiatan melibatkan partisipasi aktif tokoh masyarakat setempat.

"Tim peneliti bekerja sama dengan personel kepolisian dari Polresta Bukittinggi untuk mengumpulkan data dan informasi yang dibutuhkan," katanya.

Selain itu, survei dan wawancara juga dilakukan terhadap masyarakat guna menggali sudut pandang mereka terkait kinerja kepolisian dalam mengatasi kejahatan jalanan dan aksi premanisme.

"Melalui penelitian ini, diharapkan dapat teridentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi penilaian masyarakat terhadap kinerja kepolisian dalam memberantas kejahatan jalanan dan aksi premanisme," kata Azis.

Menurutnya, hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik terkait ekspektasi masyarakat terhadap kepolisian serta tantangan yang dihadapi oleh personel Polri.

"Dengan memahami persepsi, ekspektasi, dan tantangan yang dihadapi, Puslitbang Polri dan Polresta Bukittinggi dapat merumuskan strategi yang lebih efektif dalam meningkatkan upaya pemberantasan kejahatan jalanan dan aksi premanisme," katanya.

Upaya tersebut meliputi peningkatan kualitas pelatihan, perbaikan infrastruktur, serta pengembangan program komunitas yang melibatkan partisipasi langsung masyarakat.

Puslitbang Polri nantinya akan menjadikan hasil penelitian ini sebagai acuan dalam merumuskan kebijakan dan program yang akan dilaksanakan di masa depan. Dengan demikian, diharapkan bahwa kepolisian di Polresta Bukittinggi dan wilayah lainnya dapat lebih efektif dan responsif dalam melindungi masyarakat dari kejahatan jalanan dan aksi premanisme.

Tidak hanya di Polresta Bukittinggi, Tim Puslitbang juga melakukan penelitian di empat Polres lainnya di wilayah Polda Sumatera Barat yakni Sawahlunto, Sijunjung, Solok Kota dan Tanah Datar.