Polisi Pariaman siapkan langkah jaga keamanan Pemilu 2024

id Polisi Pariama,pemilu 2024,berita pariaman,beriat sumbar

Polisi Pariaman siapkan langkah jaga keamanan Pemilu 2024

Kapolres Pariaman AKBP Abdul Azis (tengah) ANTARA/Aadiaat M. S.

Pariaman (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Kota Pariaman, Sumatera Barat telah menyiapkan langkah untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di daerah itu.

"Kami telah melakukan pendekatan dengan tokoh agama, adat, dan masyarakat serta partai politik di Pariaman agar Pemilu 2024 berjalan aman dan nyaman," kata Kapolres Pariaman AKBP Abdul Azis di Pariaman, Jumat.

Ia mengatakan pada pendekatan tersebut pihaknya menekankan untuk tidak mudah terpancing dengan isu-isu yang belum tentu kebenarannya. Terkadang isu tersebut dilontarkan untuk memprovokasi guna mengganggu keamanan Pemilu.

Ia menyampaikan meskipun hingga saat ini belum ada isu-isu negatif yang dapat mengganggu keamanan Pemilu di Pariaman namun menurutnya pihaknya perlu melakukan langkah antisipasi.

"Namun jika ada riak-riak maka kami akan langsung turun ke lapangan agar tidak ada lagi bias," katanya.

Abdul mengatakan pihaknya juga melakukan pemantauan di media sosial guna mengantisipasi penyebaran isu negatif yang dapat mengganggu keamanan Pemilu 2024.

"Kami juga memerintahkan Kasat Reskrim untuk melakukan patroli siber bersama Kasat Intel," ujarnya.

Ia menegaskan jika pihaknya menemukan indikasi ada yang ingin mengganggu keamanan Pemilu maka pihaknya akan melakukan penangkalan isu serta melacak alamat IP pengguna yang mengunggah isu tersebut guna melakukan pemanggilan untuk diminta keterangan.

Ia mengimbau masyarakat di daerah itu membantu menjaga keamanan dan menyukseskan pesta demokrasi yang akan berlangsung pada 14 Februari 2024 tersebut.

Terpisah, Wakil Wali Kota Pariaman, Mardison Mahyuddin menghimbau warga di daerah itu ikut serta menyukseskan Pemilu 2024 dengan menjauhkan segala fitnah dan isu negatif yang berkembang agar pesta demokrasi itu bisa berjalan aman dan nyaman.

“Mari kita bersatu dan menjadikan Pemilu 2024 ini sebagai Pemilu 'badunsanak' (kekeluargaan) agar tercipta Pemilu yang benar-benar menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi," tambahnya.