Satu nagari satu event salah satu daya tarik wisatawan ke Tanah Datar

id wisatawan ke Tanah Datar,Berita tanah datar,Berita sumbar,Wisata tanah datar,event pariwisata tanah datar

Satu nagari satu event salah satu daya tarik wisatawan ke Tanah Datar

Satu nagari satu event di Kabupaten Tanah Datar (Antara/Etri Saputra) 

Batusangkar (ANTARA) - Program unggulan satu nagari satu event di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat salah satu penyumbang terbanyak dalam menarik wisatawan untuk berkunjung ke kabupaten itu.

Bupati Tanah Datar Eka Putra di Batusangkar Rabu, mengatakan hingga pekan ketiga Mei 2023, kabupaten itu telah dikunjungi sebanyak 700 ribu pengunjung.

"Hingga pekan kemaren Kabupaten Tanah Datar telah dikunjungi kurang lebih 700 ribu pengunjung dari target kita dua juta pengunjung pada tahun ini," kata dia.

Dia mengatakan, dalam menarik kunjungan wisatawan ke Kabupaten itu, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar telah meluncurkan kalender event 2023 di Kota Pekanbaru pada Februari lalu.

Ada sebanyak 50 event dari 155 hari yang tersebar diseluruh nagari termasuk pacu Jawi dipromosikan di Kota Pekanbaru Lancang Kuning tersebut.

"Peluncuran tersebut juga menjadikan Tanah Datar satu-satunya kabupaten di Sumatera Barat yang meluncurkan kalender event diluar provinsi," kata Bupati.

Kepala Bidang Pariwisata Tanah Datar Efrison mengatakan, adanya program unggulan satu nagari satu event turut mendongkrak kunjungan wisatawan untuk datang ke Kabupaten Tanah Datar.

Rata-rata setiap satu nagari satu event dikunjungi 2000 hingga 3000 pengunjung setiap kali eventnya. Festival Selaju Sampan Nagari Tigo Jangko Kecamatan Lintau Buo salah satu penyumbang terbanyak karena dilaksanakan selama satu Minggu.

"Kurang lebih ada 40.000 pengunjung yang hadir, terdiri dari perantau, pengunjung dari Kabupaten Kota di Sumatera Barat, serta wisatawan manca negara, dan masyarakat setempat," kata dia.