HLUN ke-27, 277 lansia Dharmasraya jalani skirining operasi katarak

id HLUN dharmasraya,Berita dharmasraya,Berita sumbar

HLUN ke-27, 277 lansia Dharmasraya jalani skirining operasi katarak

Seorang lansia mengikuti skirining kesehatan di RSUD Sungai Dareh, Kabupaten Dharmasraya, Sumbar, Senin (22/5/2023). (Antara/HO-Kominfo Dharmasraya)

Pulau Punjung (ANTARA) - Sebanyak 277 lansia di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar) menjalani skirining kesehatan untuk menjalani operasi katarak yang digelar Kementerian Sosial (Kemensos) RI dalam rangka Hari Lanjut Usia Nasional ke-27.

Ratusan lansia menjalani proses skrining di RSUD Sungai Dareh Kabupaten Dharmasraya, dari 19 sampai 22 Mei 2023 untuk mengetahui apakah lansia tersebut dapat menjalani operasi katarak atau tidak.

"Pelayanan kesehatan operasi katarak ini merupakan hasil kolaborasi dengan yayasan kemanusiaan dari SCTV dan Indosiar yang kita berikan untuk masyarakat" kata Direktur Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia Kementerian Sosial, Supomo dalam keterangan tertulis, di Pulau Punjung, Senin.

Ia mengatakan skirining kesehatan tersebut sudah dimulai dari (19/5) dengan sebanyak 90 lansia, hari berikutnya 94 lansia, dan 93 lansia. Ratusan lansia yang menjalani proses skirining merupakan pasien yang diusulkan beberapa puskesmas.

"Operasi katarak sendiri akan dilaksanakan 27-29 Mei mendatang, jumlahnya nanti tergantung hasil skirining kesehatan, kita berharap semuanya dapat menjalani operasi," ujarnya.

Ia berharap pelayanan tersebut dapat menyentuh para lansia bahkan anak-anak yang juga memiliki gangguan pada mata.

“Kita ingin banyak warga yang ikut, anak-anak boleh ikut kalau memang membutuhkan dan ada gangguan di matanya agar warga tambah sehat,” ujarnya.

Ia menjelaskan peringatan HLUN merupakan upaya untuk mengangkat derajat lansia sebagai potensi bagi negara dan bukan sebagai beban.

HLUN, sambung dia diharapkan mampu menjadi pengingat bahwa negara dan masyarakat Indonesia hadir memberikan perhatian kepada lanjut usia yang dalam beberapa kasus termarginalkan.

Puncak HLUN 2023 akan dilaksanakan di Kabupaten Dharmasraya dengan tema “Lansia Terawat, Indonesia Bermartabat”. Pemkab Dharmasraya terus mengkoordinasi seluruh jajaran agar melakukan upaya persiapan yang matang dengan mengerahkan segala potensi yang ada.

"Pak bupati sudah minta agar persiapan acara dilakukan dengan baik, agar kegiatan tersebut sukses dan meninggalkan kesan baik bagi siapapun yang menyaksikan," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Rovanly Abdams.