Hampir semua PTS di lingkup LLDIKTI X bentuk satgas tiga dosa

id LLDikti wilayah X, Satgas tiga dosa, dosa pendidikan,padang,perguruan tinggi swasta

Hampir semua PTS di lingkup LLDIKTI X bentuk satgas tiga dosa

Kepala LLDIKTI Wilayah X Afdalisma saat diwawancarai awak media massa di Padang, Selasa, (2/5). ANTARA/Muhammad Zulfikar.

Padang (ANTARA) - Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X menyatakan hampir semua perguruan tinggi swasta (PTS) di bawah naungannya sudah membentuk satuan tugas (satgas) tiga dosa besar pendidikan, yakni perilaku menyimpang, antikorupsi dan intoleransi.

"Hampir semua perguruan tinggi swasta di Sumatera Barat, Jambi, Riau, dan Kepulauan Riau sudah memiliki SK tim satgas tiga dosa tersebut," kata Kepala LLDIKTI Wilayah X Afdalisma di Padang, Kamis.

Afdalisma mengatakan pembentukan satgas tersebut merupakan perintah Permendikbudristek Nomor 30 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Lingkungan Pendidikan Tinggi (Permen PPKS).

Kemudian, bagi PTS yang belum membentuk satgas tersebut, LLDIKTI terus mengingatkan dan mendorongnya. Tujuannya agar tiga dosa besar di ranah pendidikan tersebut dapat dicegah sedini mungkin.

"Ini penting. Setiap perguruan tinggi harus memiliki tim satgas," kata dia.

Selain itu, lembaga yang dipimpinnya tersebut juga menjalankan program pengawasan, pengendalian dan pembinaan (wasdalbin) terhadap 222 perguruan tinggi swasta yang tersebar di empat provinsi.

Tim wasdalbin secara berkala akan mendatangi setiap PTS untuk memastikan apakah sudah membuat tim satgas yang mengacu pada Permendikbudristek Nomor 30 Tahun 2021 atau belum.

Kemudian, juga memastikan apakah perguruan tinggi tersebut sudah memasukkan materi tentang antikorupsi, perilaku menyimpang dan intoleransi ke dalam kurikulum ajar.

"Tim wasdalbin selalu memantau apakah ada kasus-kasus intoleransi, perilaku menyimpang hingga korupsi di perguruan tinggi," kata dia.

Khusus di Sumatera Barat, Afdalisma mengatakan semua perguruan tinggi swasta di daerah itu sudah membentuk satgas tiga dosa. Kemudian, bagi perguruan tinggi yang belum membentuknya, LLDIKTI akan terus mendesak agar segera dilaksanakan.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Hampir semua PTS di lingkup LLDIKTI X bentuk satgas tiga dosa