Puskesmas di Payakumbuh tetap buka selama libur lebaran

id libur lebaran 1444 Hijriyah.,Puskesmas payakumbuh,Berita payakumbuh,Berita sumbar

Puskesmas di Payakumbuh tetap buka selama libur lebaran

Puskesmas di Payakumbuh tetap buka selama libur lebaran

Payakumbuh (ANTARA) - Seluruh Puskesmas yang ada di Kota Payakumbuh, Sumatera Barat tetap buka melayani masyarakat selama cuti libur lebaran 1444 Hijriyah.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Wawan Sofianto di Payakumbuh, Kamis mengatakan di setiap puskesmas akan ada petugas piket yang akan melayani masyarakat.

"Meski sedang libur lebaran, pelayanan kesehatan kita di puskesmas tetap ada dengan petugas piket yang kita sediakan dengan dua shift yakni pagi dan siang," kata dia.

Sementara untuk puskesmas pembantu dan puskel akan melihat ketersediaan dari petugas. Puskesmas pembantu dan puskel akan ditutup apabila petugas sedang piket di puskesmas.

"Selama petugas tidak dalam jadwal piket di puskesmas puskesmas pembantu dan puskel akan tetap buka. Intinya pelayanan dasar kesehatan akan tetap bisa terpenuhi," ujarnya

Selain itu, Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh juga ambil bagian dalam pelaksanaan operasi ketupat dengan menyediakan petugas di dua pos yang ada di daerah tersebut.

"Pertama itu di pos pelayanan terpadu yang ada di pusat kota dan di pos warna warni. Hal ini untuk membantu pelayanan dalam operasi ketupat," kata dia.

Khusus untuk pelayanan rumah sakit, kata dia, selama cuti libur lebaran 1444 hijriyah pelayanan poli akan tutup namun untuk instalasi gawat darurat (IGD) akan tetap buka 24 jam.

"Untuk poli ini pelayanannya akan tutup sesuai dengan jadwal cuti libur lebaran, setelah itu akan buka kembali," ujarnya.

Ia mengatakan pihak rumah sakit juga akan menyediakan ambulance on call saat malam hari untuk pelayanan terpadu yang nomornya akan ditempel di dua pos operasi ketupat tersebut.