Ditlantas targetkan tekan angka kecelakaan saat Operasi Ketupat 2023

id Polda Sumbar,Padang,Sumbar

Ditlantas targetkan tekan angka kecelakaan saat Operasi Ketupat 2023

Direktur Lalu Lintas Polda Sumbar Kombes Pol Hilman Wijaya. ANTARA/Mario Sofia Nasution

Padang (ANTARA) - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Sumatera Barat menargetkan dapat menekan angka kecelakaan saat liburan Idulfitri 1444 Hijriah yang masuk dalam Operasi Ketupat Singgalang 2023.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Sumbar Kombes Pol. Hilman Wijaya di Padang, Selasa, mengatakan bahwa target yang ingin dicapai adalah kondisi lalu lintas dalam keadaan aman dan lancar sehingga pemudik selamat hingga tujuan.

"Terutama tidak terjadi kecelakaan yang fatal yang mengakibatkan korban jiwa saat Operasi Ketupat berjalan" katanya.

Dalam mewujudkan hal itu, pihaknya terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang mudik untuk mempersiapkan kendaraan milik mereka agar layak jalan.

"Ini menjadi penting karena kendaraan yang sehat akan mengantarkan penumpang ke tujuan dengan selamat," tutur dia.

Dirlantas mengatakan bahwa kontur jalan di Sumbar banyak yang curam dan penurunan serta berbelok-belok sehingga membutuhkan kendaraan yang sehat dan layak jalan.

"Selain itu, kondisi fisik pengemudi juga harus sehat dan mampu mengoperasikan kendaraan," ucapnya.

Ia mengatakan bahwa pihaknya akan menempatkan sembilan pos pelayanan di kawasan rawan kecelakaan dan rawan kemacetan. Total ada 1.000 personel lalu lintas yang akan bertugas membantu masyarakat dalam menjaga kelancaran lalu lintas.

"Kami akan Apel Operasi Singgalang pada hari Senin, 17 April 2023," ujarnya.

Pada saat Lebaran, lanjut dia, pengemudi banyak yang kelelahan dan ingin segera cepat-cepat bertemu dengan keluarga sehingga tidak sabar di jalan raya. Hal ini yang harus dihindari agar pengemudi selalu disiplin dan tertib berlalu lintas agar tidak terjadi kecelakaan.

"Banyak orang yang kerap melakukan kesalahan konyol yang berakibat kecelakaan seperti mengambil jalur kosong saat macet dan melawan arus, tidak menggunakan lampu saat malam hari, dan lainnya. Kami mengimbau masyarakat agar tertib dan patuh saat berlalu lintas," kata Kombes Pol. Hilman Wijaya.