Pemkot Pariaman-Goesan County Korsel jalin kerja sama bisnis bidang pertanian dan perikanan

id Genius Umar

Pemkot Pariaman-Goesan County Korsel jalin kerja sama bisnis bidang pertanian dan perikanan

Wali Kota Pariaman Genius Umar (kanan) dan Wali Kota Goesan County In Hyun Song (kiri) meneken kerja sama bisnis terkait pertanian dan perikanan di Goesan County pada Kamis (16/3). (ANTARA/HO-Diskominfo Pariaman)

Pariaman, (ANTARA) - Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat dan Pemerintah Goesan County Provinsi Chungcheong Utara, Korea Selatan (Korsel) sepakat menjalin kerja sama bisnis di bidang pertanian dan perikanan pada Kamis (16/3).

Perjanjian kerja sama tersebut ditandatangani oleh Wali Kota Pariaman Genius Umar dan Wali Kota Goesan County In Hyun Song di Goesan County.

Dengan kerja sama tersebut maka Pariaman dan Goesan County dapat saling berbagi informasi terkait di bidang yang dikerjasamakan serta membantu mempromosikan pariwisata yang ada di daerah itu.

"Kami juga bisa mencontoh model tata kelola dan pembangunan yang efektif dan efisien dari Pemerintah Goesan County ini sehingga diterapkan Pariaman,” kata Genius Umar lewat rilis yang diterima, Jumat.

Ia mengatakan Pariaman terletak di pesisir barat Pulau Sumatera yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia sehingga daerah itu mempunyai potensi wisata bahari, hasil laut yang melimpah, serta ditambah dengan tanah yang subur.

Karena berada di kawasan di pesisir barat Pulau Sumatera, lanjutnya Pariaman memiliki keindahan matahari terbenam yang bagus dan dalam pengembangan sektor pariwisata diterapkan konsep wisata bahari.

Pariaman, kata dia juga memiliki atraksi budaya Tabuik yang diadakan dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam yang dihadiri hingga 200 ribu pengunjung.

Ia mengatakan Pariaman tidak saja menjadikan perikanan sebagai sektor andalan namun juga sektor pertanian dengan hasil pertanian yang yang beragam, mulai dari padi, jagung dan kelapa. (*)