Kementerian PUPR tetapkan 3 kelurahan di Padang Panjang lokasi IBM Sanitasi 2023

id Rapat IBM Sanitasi 2023,berita padang panjang,berita sumbar

Kementerian PUPR tetapkan 3 kelurahan di Padang Panjang lokasi IBM Sanitasi 2023

Rapat koordinasi dan sosialisasi kegiatan Infrastruktur Berbasis Masyarakat (IBM) Sanitasi 2023 di Kota Padang. Tiga kelurahan di Padang Panjang ditetapkan untuk Kegiatan IBM Sanitasi 2023 oleh Kementerian PUPR. (Antara/Isril Naidi)

Padang Panjang, (ANTARA) - Kementerian PUPR menetapkan tiga kelurahan di Kota Padang Panjang, Sumatera Barat sebagai lokasi kegiatan Infrastruktur Berbasis Masyarakat (IBM) Sanitasi 2023 yakni Kelurahan Bukit Surungan, Kelurahan Koto Katiak dan Kelurahan Tanah Pak Lambiak.

Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim LH) Padang Panjang, Alvisena di Padang Panjang, Kamis menyebutkan tiga kelurahan yang menjadi lokasi IBM ini untuk dua program berbeda.

"Di Kelurahan Bukit Surungan, program Tempat Pengolahan Sampah Reduce-Reuse-Recycle (TPS 3R) dengan dana Rp500 juta. Di kelurahan Koto Katiak dan Tanah Pak Lambiak, program Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas), Pengelolaan Air Limbah Domestik senilai Rp350 juta," kata dia yang bar pulang mengikuti Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Tingkat Provinsi Kegiatan IBM Sanitasi 2023 di Kota Padang.

Ia menjelaskan, kedua program di tiga kelurahan itu diawali dengan beberapa tahapan, mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pasca-konstruksi.

"Penetapan lokasinya berdasarkan hasil verifikasi Direktorat Jenderal Cipta Karya nantinya,” terangnya.

Amanat dari pengelolaan SDG's 2030 adalah menjamin ketersediaan serta pengelolaan air bersih dan sanitasi yang berkelanjutan, menjadikan kota dan permukiman inklusif, aman dan tangguh yang berkelanjutan serta menjamin pola produksi dan konsumsi yang berkelanjutan.

Ketua DPRD Kota Padang Panjang Mardiansyah berharap dengan terlaksananya kegiatan ini akan memberikan manfaat kepada masyarakat kota itu. Ia juga berterima kasih kepada Anggota Komisi V DPR RI, Attari Gauthi Ardy yang mengarahkan kegiatan ini ke Padang Panjang dalam pokok-pokok pikirannya.

“Semoga Allah SWT selalu meridai setiap langkah dan perjuangan kita bersama untuk membangun Kota Padang Panjang,” ujarnya.

Selain Ketua DPRD dan Kepala Dinas Perkim LH, Rapat Koordinasi itu juga turut dihadiri Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Widya Kusuma, Sekretaris DPRD, Wita Desi Susanti, Lurah Tanah Pak Lambiak, Romi Saputra, Lurah Koto Katiak, Emrianis dan Lurah Bukit Surungan, Dani Afriko. (*)