Pemkab Solok Selatan targetkan capai Universal Health Coverage 2023, ini keistimewaannya

id universal health coverage,bpjs kesehatan,pemkab solok selatan,sumbar

Pemkab Solok Selatan targetkan capai Universal Health Coverage 2023, ini keistimewaannya

Bupati Solok Selatan, Sumatera Barat, saat menerima kunjungan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Solok Neri Eka Putri di Padang Aro beberapa waktu lalu. (ANTARA/HO-Diskominfo Solok Selatan)

Padang Aro, (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, menargetkan cakupan 95 persen masyarakat daerah itu mendapatkan jaminan kesehatan melalui BPJS Kesehatan pada tahun ini sehingga tercapai Universal Health Coverage (UHC).

Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Marfiandhika Arief di Padang Aro, Jumat, mengatakan per Maret 2023 jumlah penduduk yang telah mendapatkan jaminan kesehatan melalui BPJS Kesehatan sudah mencapai 93 persen.

Untuk meningkatkan ke target nasional 95 persen, katanya akan dilakukan penyesuaian anggaran sehingga target tersebut bisa tercapai tahun ini.

"Sedangkan untuk tahun depan pemerintah kabupaten akan berupaya untuk meningkatkan cakupan ini hingga 100 persen," ujarnya

Terpisah, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Solok Neri Eka Putri mengatakan untuk mencapai UHC, Solok Selatan masih harus menambah jumlah penduduk yang menggunakan BPJS Kesehatan sebanyak 3.300 jiwa lagi.

"Jika sudah mencapai 95 persen, siapapun nanti yang sakit itu bisa didaftarkan dan kartunya bisa langsung digunakan," katanya.

Karena saat ini masih di bawah 95 persen, katanya masih menunggu 14 hari untuk pembayaran. "Jadi keistimewaan ketika mencapai UHC adalah saat ada pasien atau warga yang ber-KTP Solok Selatan bisa didaftarkan dan langsung bisa menggunakan," katanya.

Ia berharap dengan semakin meningkatnya jumlah kepesertaan jaminan kesehatan nasional (JKN) di Solok Selatan, maka meningkat pula kepuasan masyarakat atas pelayanan kesehatan yang diberikan. (*)