PT Semen Padang rutin enam kali dalam setahun gelar donor darah

id semen padang, donor darah, berita padang, berita sumbar

PT Semen Padang rutin enam kali dalam setahun gelar donor darah

Donor darah PT Semen Padang di Padang, Selasa. (Antara/HO-Semen Padang)

Padang (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Padang mengapresiasi PT Semen Padang yang konsisten menggelar donor darah sekali dalam dua bulan dan berharap perusahaan lain di Kota Padang bisa menjadikan PT Semen Padang sebagai role model dalam kegiatan donor darah.

Kepala Bagian Teknis Labor Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kota Padang, dr. Diana Ayu Irsanti di Padang, Selasa pada acara donor darah dengan tema "Give Blood Give Life" menyampaikan PT Semen Padang disebut sebagai role model, karena sejauh ini di Kota Padang baru PT Semen Padang yang selalu konsisten sekali dua bulan menggelar donor darah secara rutin.

"Sedangkan perusahaan lain, biasanya menggelar donor darah hanya dalam rangka HUT perusahaan dan lain sebagainya," ujarnya.

Ikuti Survei Kesadaran Merek ANTARA: Klik Disini

Terkait donor darah yang digelar secara rutin oleh PT Semen Padang, ia menyampaikan amat membantu kebutuhan stok darah di UTD PMI Kota Padang di tengah rendahnya suplai darah dari pendonor, ditambah lagi pemintaan darah oleh pasien setiap hari itu angkanya fluktuatif.

Sementara Camat Lubuk Kilangan, Elfian Putra Ifadi yang turut hadir mendonorkan darahnya, juga mengapresiasi PT Semen Padang yang terus menggelar donor darah secara rutin.

"Ini luar biasa. Baru PT Semen Padang yang rutin menggelar donor darah sekali dalam dua bulan. Artinya, setahun itu ada enam kali. Saya berharap, ini terus dipertahankan," katanya.

Donor darah menurutnya adalah aksi sosial yang nyata. Sebagai sesama manusia, tentunya donor darah ini sebuah bantuan yang baik sekali untuk orang yang membutuhkan transfusi darah. Apalagi, stok darah yang ada di PMI Kota Padang kondisinya selalu paceklik atau tidak sesuai dengan kebutuhan.

Kepala Departemen Komunikasi dan Hukum Perusahaan PT Semen Padang, Iskandar Z. Lubis yang diwakili Kepala Seksi Program Pendanaan UMK Unit CSR PT Semen Padang,Satrio Rian Bhakti mengatakan kegiatan donor darah ini merupakan kegiatan rutin PT Semen Padang yang digelar melalui Unit CSR, Unit Humas & Kesekretariatan dan juga Serikat Pekerja Semen Padang (SPSP).

"Target kami dalam setahun itu 1.600 kantong darah bisa kami kumpulkan melalui kegiatan donor darah yang digelar 6 kali setahun. Ini komitmen kami. Nah, untuk donor darah hari ini, itu digelar Unit CSR. Dan, dilatarbelakangi oleh ketersediaan stok darah di PMI Kota Padang yang jauh dari kata cukup," katanya.

Donor darah yang digelar Unit CSR PT Semen Padang itu dimulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB, diikuti oleh insan karyawan Semen Padang Group, keluarga karyawan dan masyarakat sekitar perusahaan PT Semen Padang.

Pada donor darah ini, sebanyak 288 kantong darah berhasil dikumpulkan dan diserahkan ke UTD PMI Kota Padang.

Salah seorang pendonor bernama Zulkifli menyebut bahwa dirinya sudah 18 kali ikut donor darah yang digelar PT Semen Padang. Selain sangat dibutuhkan oleh pasien yang membutuhkan transfusi darah, bagi dirinya pribadi mendonor darah secara rutin itu juga untuk kesehatan.

"Donor darah secara rutin itu membuat jantung kita senantiasa sehat dan bisa menurunkan resiko terjadinya kanker," katanya.

Pewarta :
Editor: Maswandi
COPYRIGHT © ANTARA 2023