Pemkot Pariaman mulai operasikan Pojok Baca Digital dari Perpusnas

id Pemkot Pariaman,Berita pariaman,Wali Kota Pariaman

Pemkot Pariaman mulai operasikan Pojok Baca Digital dari Perpusnas

Salah seorang pengunjung membuka pintu Pojok Baca Digital di Kantor Wali Kota Pariaman, Sumbar. ANTARA/Aadiaat M. S.

Pariaman (ANTARA) - Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat mulai mengoperasikan Pojok Baca Digital (Pocadi) dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI guna meningkatkan pelayanan publik terhadap masyarakat bidang literasi dan minat baca warga di daerah itu.

"Pojok Baca Digital berada di Kantor Wali Kota Pariaman agar mudah diakses oleh masyarakat umum," kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pariaman Muhammad Sukri di Pariaman, Jumat.

Ia menjelaskan lokasi Pocadi tersebut berada di Kantor Wali Kota Pariaman karena dinilai mudah diakses oleh masyarakat umum sehingga fasilitas tersebut banyak dikunjungi untuk membaca buku.

Rencana awal Pocadi tersebut diletakan di Mall Pelayanan Publik (MPP) namun karena mempertimbangkan potensi banyak kunjungan maka diputuskan diletakkan di Kantor Wali Kota Pariaman.

"Di kantor wali kota sering ada acara, jadi sambil menunggu acara di mulai atau menunggu wali kota mereka dapat membaca. Lagian di MPP juga ada pojok baca yang telah kami sediakan," katanya.

Ia menyampaikan Pocadi memiliki ribuan koleksi buku baik berupa fisik yang berada di rak buku yang tersedia maupun digital yang dapat diakses melalui sejumlah komputer yang telah disediakan.

Ia menyebutkan banyaknya jenis buku yang dikoleksi di Pocadi tersebut di antaranya ekonomi dan budaya. Karena sifatnya digital maka akan mempermudah pengunjung menemukan buku yang dicari.

"Alhamdulillah Pariaman mendapatkan perhatian dari Perpusnas mulai dari dana alokasi khusus pembangunan perpustakaan pada 2023 dan Pojok Baca Digital pada tahun ini," katanya.

Ia berharap warga di daerah itu dapat memanfaatkan Pocadi yang terletak di samping ruang Wali Kota Pariaman tersebut untuk meningkatkan pengetahuan.

Sebelumnya, Kota Pariaman, Sumatera Barat mendapatkan bantuan pembangunan Pojok Baca Digital (Pocadi) dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI pada tahun ini guna meningkatkan minat baca masyarakat di daerah itu.

"Pocadi ini kami letakkan di Mall Pelayanan Publik (MPP) yang mungkin akhir Oktober atau awal November ini sudah bisa direalisasikan," kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pariaman Muhammad Sukri di Pariaman.

Ia mengatakan Pocadi tersebut berupa pojok tempat membaca buku fisik dan digital sehingga di lokasi itu tidak saja terdapat rak dan kursi yang nyaman namun juga sejumlah komputer untuk mengakses buku digital.

Ia menyampaikan dengan adanya Pocadi tersebut maka pengunjung yang datang ke MPP dapat membaca buku fisik maupun digital sambil menunggu nomor antrian.