BPJS Ketenagakerjaan Solok berikan APD pada perusahaan tertib iuran

id BPJS Ketengakerjaan Cabang Solok,APD,Berita sumbar

BPJS Ketenagakerjaan Solok berikan APD pada perusahaan tertib iuran

Perwakilan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Solok menyerahkan APD kepada salah seorang perwakilan perusahaan sebagai bentuk kepedulian atas keselamatan kerja. (Antara/Erik)

Padang Aro (ANTARA) - BPJS Ketengakerjaan Cabang Solok melaksanakan program promotif dan preventif kepada perusahaan dan menyerahkan bantuan 75 paket alat pelindung diri (APD) sebagai sarana Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) bagi perusahaan yang tertib membayar iuran.

"Penyelenggaraan kegiatan promotif dan preventif ini selain untuk membantu perusahaan dalam melaksanakan K3 sekaligus bentuk apresiasi kepada perusahaan yang tertib data kepesertaan dan iuran," kata Kepala Kepala BPJS ketenagakerjaan Cabang Solok, Maulana Anshari Siregar, di Solok, Kamis.

Dia menjelaskan, selain tertib iuran kriteria perusahaan yang mendapatkan bantuan kegiatan promotif dan preventif ini antara lain telah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan minimal tiga tahun dan tertib administrasi kepesertaan.

Seterusnya telah mendaftarkan seluruh pekerjanya dalam program jaminan sosial ketenagakerjaan serta upah pekerja yang dilaporkan minimal UMK/UMP.

Dia mengatakan kegiatan promotif dan preventif ini merupakan kegiatan rutin yang setiap tahunnya dilakukan oleh BPJS Ketenagakerjaan sebagai upaya dalam menjalin pendekatan yang baik dengan perusahaan, pengusaha maupun tenaga kerjanya.

Pemberian paket APD kepada pekerja tersebut diharapkan dapat bermanfaat dalam mencegah terjadinya kecelakaan kerja.

"Kami berharap dengan bantuan kegiatan promotif dan preventif akan terwujud sinergitas dan harmonisasi antara pemberi kerja dan pekerja dalam mewujudkan kesejahteraan pekerja dengan meminimalisir angka kecelakaan dan penyakit akibat kerja," ujarnya.

Selain itu katanya, juga sebagai sarana sosialisasi, edukasi, dan informasi kepada stakeholder BPJS Ketenagakerjaan mengenai pentingnya keselamatan dan kesehatan kerja.

Bantuan APD sendiri diberikan kepada perusahaan Trijaya Putra dan Pratama Putra Sejahtera yang bergerak di bidang pertanian, perikanan perkebunan, dan kehutanan masing-masing 31 paket.

Selanjutnya kepada Berangkit Jaya Abadi, CV Sungai Badak, dan CV Lusi Kontraktor masing-masingg lima paket yang terdiri dari safety helmet konstruksi, safety gloves dan rompi keamanan tali silang.