Lemhanas RI gali potensi pariwisata, pertanian dan perkebunan di Sumbar

id Lemhanas,Sumbar

Lemhanas RI gali potensi pariwisata, pertanian dan perkebunan di Sumbar

Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional (Seslemhanas) RI Komjen Pol Purwadi Arianto didampingi Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy Minahasa (ANTARA/ HO Polda Sumbar)

Padang (ANTARA) - Lemhanas RI angkatan 64 menggelar studi lapangan di Sumatera Barat melakukan kajian dan menggali potensi pariwisata, pertanian dan perkebunan di provinsi itu.

Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional (Seslemhanas) RI Komjen Pol Purwadi Arianto di Padang, Selasa mengatakan PPRA 64 ini melaksanakan kegiatan di empat tempat, yakni di NTT, Papua, Bangka Belitung dan Kota Padang Provinsi Sumatera Barat.

Ia menyebutkan total peserta Lemhanas ada 100 orang dan mereka dibagi dalam empat lokasi dan setiap lokasi ada 25 orang.

"Kegiatan ini, menyiapkan peserta Lemhanas khususnya calon pimpinan nasional ke depan agar mampu melihat secara komprehensif, integral, tentang situasi dan kondisi di daerah masing-masing," katanya.

Menurut dia mereka akan mendesain melakukan kajian terhadap potensi-potensi yang ada di daerah, khususnya di wilayah Sumatera Barat ini menggali potensi pariwisata, bidang pertanian atau perkebunan.

Dirinya mengapresiasi narasumber, seperti Kapolda Sumbar dan Danrem yang memberikan masukan seberapa jauh peran TNI dan Polri berkolaborasi dengan Pemprov (pemerintah provinsi) dalam rangka pemulihan ekonomi yang cepat.

"Saya pikir ini momen yang bagus dan berguna khususnya para peserta PPRA 64 kedepan, sehingga nantinya masukan ini dilakukan pengkajian untuk melakukan evaluasi dan memberikan masukan kepada pemerintah pusat, khususnya bapak presiden," kata dia.

Peserta Lemhanas ini terdiri dari anggota TNI, Polri, Rektor, Partai Politik, Kementerian dan pengusaha yang berjumlah 100 orang peserta yang dibagi pada 4 tempat, dan untuk di Sumbar sebanyak 25 peserta.

"Mereka dididik selama tujuh bulan, dan ini tahap akhir dari program kerja Lemhanas dimana nantinya mereka memiliki kemampuan untuk bisa bekerjasama di tempat tugas berikutnya dengan Pemprov," kata dia.

Dalam kegiatan tersebut ada tiga narasumber yakni Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy Minahasa Putra, Ketua Badan Promosi Pariwisata Sumatera Barat Sari Lenggogeni dan Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Lubur Budianda yang memberikan materi di Hotel Mercure Kota Padang.