Kadin Sumbar : pengurus baru jembatani pelaku usaha dengan pemerintah

id Kadin Sumbar,Musprov Kadin Sumbar ,Berita sumbar,Berita padang

Kadin Sumbar : pengurus baru jembatani pelaku usaha dengan pemerintah

Pengurus Kadin Sumbar 2017-2022. (Antara/Ikhwan Wahyudi)

Padang (ANTARA) - Pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sumatera Barat berharap pengurus baru yang akan akan dipilih pada Musyawarah Provinsi VII pada September 2022 mampu menjembatani pelaku usaha dengan pemerintah.

"Saya berharap ketua dan pengurus baru Kadin Sumbar periode 2022-2027 memahami bahwa Kadin adalah mitra strategis pemerintah sehingga harus mampu menjembatani pelaku usaha dan sebaliknya," kata Ketua Kadin Sumbar Ramah Saleh di Padang, Jumat.

Menurut dia Kadin juga harus mampu menjembatani pelaku usaha dengan investor atau sebaliknya.

"Saya berharap investor masuk ke Sumbar itu nyaman, urus perizinan lancar, kalau ada kendala Kadin yang maju membantu," kata dia.

Kemudian menjembatani pelaku usaha dengan pelaku usaha lain atau membangun jejaring mulai dari tingkat kabupaten, provinsi, nasional hingga internasional.

"Dan yang lebih penting lagi Kadin sebagai induk organisasi harus dirasakan manfaat oleh anggotanya yang mayoritas pelaku usaha mikro dan kecil," katanya.

Untuk itu Kadin harus hadir saat pelaku usaha mendapatkan masalah, sehingga pelaku usaha merasakan manfaat Kadin.

Ia memaparkan pada periode Kadin Sumbar 2017-2022 pihaknya sudah memfasilitasi pelaku usaha soal perpajakan dengan bekerja sama dengan Kanwil Direktorat Jenderal Pajak mengedukasi soal pajak.

Ke depan ia berharap pengurus Kadin harus peduli terhadap semua persoalan yang ada di dunia usaha sehingga kehadiran dirasakan oleh anggota.

"Kalau pelaku usaha da masalah akan pergi ke rumahnya dan rumah pelaku usaha adalah Kadin," katanya.

Ia menambahkan Kadin harus menjadi solusi bagi pelaku usaha dengan slogan inklusif dan kolaboratif.

"Kadin harus berkolaborasi dengan semua pemangku kepentingan dan menjadi milik semua," kata dia.

Ia menyampaikan jika dulu Kadin identik dengan pengusaha besar hari ini pedagang bakso hingga koperasi menjadi anggota Kadin.

Sebelumnya Kadin Sumatera Barat akan segera memilih ketua baru periode 2022-2027 pada Musyawarah Provinsi yang akan digelar di Bukittinggi pada 22-23 September 2022.

SC Musprov Kadin Sumbar VII Nashirman Chan menyampaikan ketua baru akan dipilih lewat Musprov diikuti pengurus provinsi hingga kabupaten dan kota serta asosiasi memperebutkan minimal 50 pemilik suara.