Tim Elektro UNP melakukan bedah listrik di Ngalau Baribuik Kota Padang

id PLN, PLTMH, listrik, Ngalau Baribuik,Lubuk Kilangan, Kota Padang

Tim Elektro UNP melakukan bedah listrik di Ngalau Baribuik Kota Padang

Tim Pengabdian Elektro UNP foto bersama tim dengan pak RT dan pemilik rumah saat Bedah Listrik di Ngalau Baribuik. (ANTARA/HO-tim pengabdian)

Padang (ANTARA) - Tim Elektro Universitas Negeri Padang (UNP) melakukan bedah listrik di Ngalau Baribuik yang berada di Kelurahan Batu Gadang, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, karena masyarakat setempat memanfaatkan sumber energi dengan potensi yang dimiliki untuk menghadirkan penerangan ke rumahnya.

Pada lokasi ini terdapat lebih dari 24 Kepala Keluarga (KK) yang sampai saat ini masih belum menikmati layanan listrik dari PLN, namun untuk memenuhi kebutuhan penerangan sehari-hari dimanfaatkan potensi lingkungan yang ada, yakni dengan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro dengan kapasitas terpasang sebesar 10 kW, itupun belum mencukupi, ungkap Ketua RT Ngalau Baribuik Syafril, seperti rilis diterima, Senin.

Kegiatan Bedah Listrik ini diketuai oleh Asnil, S.Pd.M.Eng bersama tim melakukan bedah listrik terhadap rumah warga di RT 05 RW 06 Kelurahan Batu Gadang, Kecamatan Lubuk Kilangan. Kegiatan bedah listrik ini dilakukan mulai dari 23 Juli 2022 sampai dengan 30 Juli 2022. Kegiatan dimulai dengan melakukan studi kelayakan dan evaluasi terhadap instalasi listrik terpasang dirumah warga.

Hasil dari studi kelayakan didapatkan beberapa rumah yang bisa dikatakan kurang layak pemasangan instalasi listriknya. Disamping banyak komponen instalasi yang tidak layak pakai juga belum dilakukan dipasang secara permanen.

Tim Pengabdian Elektro UNP foto bersama tim dengan pak RT dan pemilik rumah saat Bedah Listrik di Ngalau Baribuik. (ANTARA/HO-tim pengabdian)


Selain itu, penyambungan kabel instalasi listrik untuk ruangan yang ada di rumah warga banyak dilakukan dengan cara menyambungkan dari satu stop kontak ke stop kontak yang lainnya.

Setelah tim melakukan survei dalam rangka studi kelayakan, langkah selanjutnya adalah melakukan desain ulang instalasi listrik di rumah warga, dan dilanjutkan dengan pemasangan instalasi baru secara permanen.

Dari hasil studi kelayakan yang dilakukan sehingga terdapat beberapa rumah warga yang perlu mendapatkan perhatian khusus mengenai instalasi listrik ini.

Namun karena pendanaan yang terbatas, tim pengabdian baru bisa melakukan perbaikan dan pemasangan instalasi untuk empat unit rumah warga.

Krismadinata, Ph.D, sebagai perwakilan dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Padang (UNP) mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan wujud peduli sekaligus pengabdian kepada masyarakat dari UNP untuk membantu dalam menyelesaikan masalah yang ada dimasayakat.

Jika tidak ada halangan, program pengabdian bedah listrik di permukiman warga ini tahun depan akan dilanjutkan untuk membantu masyarakat disini dalam menyelesaikan permasalahan terutama mengenai kelistrikan, lanjutnya.
Tim Pengabdian Elektro UNP sedang melakukan perbaikan instalasi listrik di rumah warga pada kegiatan Bedah Listrik di Ngalau Baribuik. (ANTARA/HO-tim pengabdian)