Payakumbuh terima 200 dosis vaksin PMK, prioritas untuk sapi di pemerintahan

id Kasus pmk payakumbuh,Berita payakumbuh,Berita sumbar,Dinas Pertanian Kota Payakumbuh

Payakumbuh terima 200 dosis vaksin PMK, prioritas untuk sapi di pemerintahan

Kepala Dinas Pertanian Kota Payakumbuh Depi Sastra. (Antara/Akmal Saputra)

Payakumbuh (ANTARA) - Pemerintah Kota Payakumbuh, Sumatera Barat mendapatkan jatah 200 vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang akan diutamakan untuk sapi di Unit Pelaksana Teknis (UPT) dinas tersebut.

Kepala Dinas Pertanian Kota Payakumbuh Depi Sastra di Payakumbuh, Kamis mengatakan bahwa peruntukan 200 dosis vaksin yakni 135 dosis untuk sapi di UPT dinas tersebut dan sapi bantuan pemerintah (banpem).

"Sedangkan 65 dosis untuk UPTD Balai Inseminasi Buatan (BIB) Tuah Sakato Provinsi Sumatera Barat. Penyuntikan 200 vaksin tersebut akan selesai hari ini," ujarnya.

Ia mengatakan untuk saat ini pihaknya memang memprioritaskan pemberian vaksin untuk sapi di pemerintahan dan juga kepada sapi yang ada di kelompok yang mendapatkan banpem.

"Setelahnya, vaksin juga akan kita berikan kepada sapi-sapi yang kandangnya telah teregister, yang jelas vaksin ini akan kita gunakan langsung," ujarnya.

Ia mengakui bahwa dosis vaksin yang diterima saat ini masih kurang untuk dapat menyuntik seluruh sapi yang ada di Kota Payakumbuh.

"Kalau kita perkirakan kebutuhan kita itu ya sekitar ribuan dosis. Tentu harapan kami nantinya kita kembali mendapatkan tambahan vaksin," katanya.

Dikatakannya bahwa sapi yang akan diberikan vaksin PMK merupakan sapi yang dinyatakan sehat dan tidak terjangkit PMK.

"Kita sudah memiliki petugas medik dan paramedik yang sudah terlatih. InsyaAllah tidak ada kendala dalam memberikan vaksinasi PMK," ungkapnya didampingi Kepala UPTD Puskeswan Kota Payakumbuh Rice Hani.

Disebutkannya bahwa hingga saat ini sudah ada 188 ekor sapi di Kota Payakumbuh yang terjangkit vaksin PMK dan sudah lebih daru 60 sapi yang dinyatakan sembuh.

"Alhamdulillah hingga saat ini belum ada sapi kita di Kota Payakumbuh yang mati atau dipotong paksa. Semoga tidak ada lagi sapi kita yang terjangkit dan yang telah terjangkit dapat sembuh secepatnya,' ujarnya.