Wawako Padang Panjang meresmikan kampung KB Mandiri Lembuti Madani

id Kampung KB, PKK, BKKBN Sumbar, berita Sumbar

Wawako Padang Panjang meresmikan kampung KB Mandiri Lembuti Madani

Penguntingan Pita oleh Wawako Padang Panjang Asrul pertanda diresmikannya Kampung KB. (ANTARA/HO-Diskominfo)

Padang Panjang (ANTARA) - Wakil Wali Kota Padang Panjang Asrul meresmikan Kampung Keluarga Berkualitas (KB) Mandiri Lembuti Madani, Kelurahan Koto Panjang, Kecamatan Padang Panjang Timur ditandai dengan penguntingan pita.

Peresmian Kampung KB tersebut bertempat di RT 3 itu, turur disaksikan Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sumatera Barat, Fatmawati, S.T, M.Eng, perwakilan Kantor Kemenag, Wakil Ketua PKK Kota, Nova Era Yhanty Asrul, kepala DSPPKBPPPA, camat dan lurah serta undangan lainnya, Selasa.

Fatmawati dalam sambutan menyampaikan, tujuan keberadaan kampung KB ini adalah meningkatkan keluarga yang berkualitas dengan ditandai indeks pembangunan keluarga.

Ada banyak indikator yang harus ditingkatkan dan itu akan menentukan seberapa besar berkualitasnya keluarga tersebut.

Diharapkan Fatmawati, dengan telah diresmikannya kampung KB ini, semua lintas sektor harus bahu-membahu melaksanakan kegiatan di kampung KB guna mengukur dimensi yang ada dalam ikatan keluarga berencana.

"Mari kita jalankan kampung KB ini sesuai dengan peruntukkan," tuturnya.

Sementara itu Wawako Asrul menyampaikan, dengan kampung KB ini harus bisa menghasilkan keluarga berkualitas dengan karakteristik keluarga yang tenteram, mandiri dan bahagia dan pada akhirnya berkontribusi dengan pembangunan daerah.

"Keberhasilan kampung KB ini tergantung dalam beberapa faktor. Di antaranya komitmen dari pemangku kepentingan, optimalisasi fasilitas serta semangat dan dedikasi para pengelola program kampung KB," sebutnya.

Sejauh ini di Kota Padang Panjang, termasuk Kampung KB Lembuti Madani ini, sudah ada sembilan kampung KB yang dibentuk.

"Alhamdulillah setiap kampung KB sudah banyak menorehkan prestasi. Semoga ke depan kampung KB Lembuti Madani ini juga bisa menorehkan prestasi," ujarnya.

Lurah Koto Panjang, Wira Jaya Septika, STP menyampaikan, pihaknya mendirikan kampung KB ini adalah untuk mendapatkan predikat juara pada lomba PKK KB/Kesehatan yang diadakan tiap tahunnya.

"Alhamdulillah berkat kesepakatan bersama kami akhirnya bisa meresmikan kampung KB ini. Kami memilih RT 3, 9 dan 20 sebagai lokus kampung KB sekaligus tempat keberadaan Rumah DataKu Kampung KB Mandiri Lembuti Madani," katanya.