Bupati Solok kembali terima penghargaan dari BKKBN pusat

id Bupati Solok, kembali terima penghargaan, dari BKKBN pusat,Solok,Sumbar,KB,Kampung,Jatim,Jabar,DIR

Bupati Solok kembali terima penghargaan dari BKKBN pusat

Bupati Solok Epyardi Asda saat menerima penghargaan dari BKKBN pusat. ANTARA/HO-Diskominfo Solok.

Solok (ANTARA) - Bupati Solok Sumatera Barat Epyardi Asda kembali menerima penghargaan dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) pusat, dalam rangkaian Hari Keluarga Nasional yang ke-31 tahun 2024.

Epyardi di Solok Kamis mengatakan, penghargaan tersebut berupa apresiasi kampung keluarga berkualitas yang dilaksanakan dalam rangkaian Hari Keluarga Nasional ke-31 tahun 2024.

Ia juga mengatakan bahwa BKKBN pusat memberikan apresiasi kepada enam pemerintah kabupaten/kota. Pemberian Apresiasi dilakukan berdasarkan beberapa kriteria.

Ia menyebutkan, kriteria tersebut di antaranya berupa persentase tertinggi jumlah kampung keluarga berkualitas terhadap jumlah desa/kelurahan.

Kemudian persentase tertinggi jumlah Kampung Keluarga Berkualitas mandiri dan berkelanjutan terhadap jumlah desa/kelurahan.

Selanjutnya pemerintah daerah yang memiliki regulasi terkait penyelenggaraan kampung keluarga berkualitas, kabupaten/kota yang memiliki tim koordinasi kampung keluarga berkualitas, organisasi perangkat daerah (OPD) yang membidangi pengendalian penduduk dan Keluarga Berencana yang memiliki anggaran penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas yang bersumber dari APBD murni.

Berdasarkan seleksi yang dilakukan, dari 514 kabupaten/kota se-Indonesia maka Kabupaten Solok ditetapkan sebagai salah satu dari enam pemenang apresiasi pemerintah kabupaten dan kota tahun 2024 itu.

Selain itu, kabupaten/kota yang ditetapkan sebagai pemenang Apresiasi pemerintah kabupaten dan atau kota tahun 2024, yakni Kota Yogyakarta (DI Yogyakarta), Kota Madiun (Jawa Timur), Kota Banjar (Jawa Barat), Kota Mojokerto (Jawa Timur), Kabupaten Solok (Sumatera Barat), dan Kota Cimahi (Jawa Barat).

Satu-satunya kabupaten di Indonesia yang mendapat Apresiasi ini hanya Kabupaten Solok Sumatera Barat.

Ia juga mengatakan, Direktorat Analisis Dampak Kependudukan BKKBN bersama Sekretariat Kabinet, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, dan Kementerian Dalam Negeri menyelenggarakan Penguatan Kampung Keluarga Berkualitas sebagai upaya pembinaan serentak dalam rangka meningkatkan kualitas penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas.

Dalam kegiatan tersebut, Nagari (Desa) Jawi Jawi Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok Sumatera Barat meraih penghargaan juara tiga sebagai kampung keluarga berkualitas tingkat nasional tahun 2024 kategori kabupaten.