Pemkab Agam gelar rapat penyamaan persepsi tentang motto pendidikan "CAKAP"

id Agam,Sumbar,Lubukbasung

Pemkab Agam gelar rapat penyamaan persepsi tentang motto pendidikan "CAKAP"

Sekda Kabupaten Agam, Edi Busti. (Antarasumbar/HO-Humas Pemkab Agam)

Lubukbasung, (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat menggelar rapat untuk penyamaan persepsi tentang desain pelaksanaan dan strategi implementasi motto pendidikan Cerdas, Aktif, Kreatif, Adat, Perilaku (CAKAP) secara virtual dan langsung di ruang rapat bupati, Kamis (24/3).

Sekda Agam, Esi Busti di Lubukbasung, Minggu mengatakan pentingnya motto pendidikan Agam, karena ini bukan hanya sekadar motto, namun dapat mewakili nilai-nilai olah pikir, olah rasa, olah hati dan olah raga.

"Konsep motto CAKAP mempunyai arti Cerdas, Aktif, Kreatif, Adat, Perilaku," katanya.

Dalam penyamaan persepsi ini, tambahnya, ada beberapa poin yang menjadi fokus dalam melaksanakan CAKAP itu.

Poin itu berupa menyelesaikan ruang lingkup dari CAKAP, ukuran yang ingin dicapai, mendapatkan masukan dari tenaga ahli, pemangku kebijakan internal dan eksternal, peran masing-masing komponen.

Setelah itu, proses sosialisasi secara menyeluruh dan bertahap sesuai dengan sasaran, penguatan kapasitas guru dalam menemukan inovasi pembelajaran dan ruang lingkup pendidikan dengan juga memperkuat keterlibatan orang tua dalam proses pembelajaran di rumah.

Pada 2022, tambahnya, akan dilakukan piloting terhadap sekolah-sekolah terseleksi mulai dari jenjang pendidikan TK, SD, SMP, hingga SMA/MAN.

Kemudian akhir 2022 direncanakan akan dilanjutkan dengan evaluasi terhadap implementasi yang dilakukan sebelumnya.

"Saya mendukung konsep motto CAKAP dan meminta agar segera di koordinasikan dengan Dinas Pendidikan dan OPD terkait," katanya.

Untuk mendukung ini, diminta seluruh OPD terkait untuk mendukung kegiatan ini dan mensosialisasikan tentang konsep motto “CAKAP” agar lebih dikenal oleh masyarakat.

Rapat ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Agam Edi Busti, Asisten II Sekdakab Agam Jetson, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Agam Isra, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Agam diwakili Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Daswilza, Kepala Badan Keuangan Daerah diwakili Kepala Bidang Anggaran, Kepala Bappeda diwakili Kepala Bidang Sosial dan Budaya, Kepala Kantor Kementerian Agama, Tenaga Ahli Bupati Bidang Pendidikan, Staf Ahli Bupati Bidang Sumber Daya Manusia dan Perwakilan Pengawas Sekolah.(Rilis)