Ayo buruan, pendaftaran UTBK SBMPTN dibuka mulai Rabu pukul 15.00 WIB sore ini

id UTBK SBMPTN,SBMPTN 2022,penerimaan mahasiswa,perguruan tinggi negeri,pendaftaran UTBK SBMPTN

Ayo buruan, pendaftaran UTBK SBMPTN dibuka mulai Rabu  pukul 15.00 WIB sore ini

Arsip Foto. Petugas membantu calon mahasiswa mengakses informasi mengenai Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021 di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Jawa Tengah, Senin (14/6/2021). (ANTARA FOTO/Maulana Surya/aww)

Jakarta, (ANTARA) - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi menyatakan bahwa pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN) dibuka mulai Rabu, 23 Maret 2022, pukul 15.00 WIB.

Kepala Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Mochamad Ashari di Jakarta, Rabu, mengatakan bahwa calon mahasiswa bisa melakukan pendaftaran melalui laman resmi LTMPT dari 23 Maret sampai 15 April 2022.

UTBK SBMPTN Tahun 2022 bisa diikuti oleh mereka yang lulus sekolah menengah atas tahun 2020, 2021, dan 2022.

Lulusan sekolah menengah atas yang sudah mendaftar untuk mengikuti seleksi bisa menjalani UTBK SBMPTN yang mencakup tes potensi skolastik, tes kemampuan Bahasa Inggris, dan tes kemampuan akademik.

UTBK SBMPTN meliputi tiga kelompok ujian, yakni kelompok ujian sains dan teknologi, kelompok ujian sosial dan humaniora, dan kelompok ujian campuran.

Setiap peserta seleksi diperbolehkan memilih dua program studi di satu perguruan tinggi negeri atau masing-masing satu program studi di dua perguruan tinggi negeri.

Biaya UTBK sebesar Rp200.000 untuk kelompok ujian sains dan teknologi serta sosial-humaniora, dan Rp300.000 untuk kelompok ujian campuran.

"Kami berharap calon mahasiswa dapat mempersiapkan diri untuk mengikuti UTBK SBMPTN ini," kata Mochamad Ashari.