Disdukcapil Solok akan luncurkan mesin ADM cetak e-KTP dalam waktu singkat

id Disdukcapil Solok, akan luncurkan mesin, ADM cetak e-KTP, dalam waktu singkat,berita padang, berita sumbar

Disdukcapil Solok akan luncurkan mesin ADM cetak e-KTP dalam waktu singkat

Salah seorang warga tengah berdiri di depan mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) Solok, Sumbar (Antara/Laila Syafarud)

Solok (ANTARA) - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Solok, Sumbar akan meluncurkan mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) yang akan ditempatkan di taman kota untuk mempermudah masyarakat mencetak e-KTP dalam waktu singkat.

"Kami merencanakan akan meluncurkan mesin ADM tersebut pada 2022 ini yang akan ditempatkan di taman Kota Solok," kata Kepala Disdukcapil Kota Solok Ratna Wati di Solok, Sabtu.

Anjungan Dukcapil Mandiri merupakan sebuah alat yang berbentuk seperti mesin Automatic Teller Machine (ATM) digunakan untuk mencetak dokumen administrasi kependudukan.

Dokumen yang dapat dicetak di dalam mesin ADM itu diantaranya berupa Kartu Keluarga (KK), KTP-el, Kartu Identitas Anak (KIA), Kutipan Akta Lahir, Kutipan Akta Kematian, dan dokumen administrasi kependudukan lainnya.

Selain itu, ADM ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam memperoleh dokumen kependudukan. Melalui mesin ADM ini masyarakat bisa mencetak dokumennya sewaktu-waktu tanpa harus ke kantor Dukcapil.

"Mesin ADM dapat mencetak e-KTP dalam waktu singkat, kurang dari dua menit e-KTP sudah selesai," ujar Ratna.

Selain itu, Disdukcapil terus berupaya memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat dengan memudahkan masyarakat dalam mengakses dokumen kependudukan seperti e-KTP, akta kelahiran, dan Kartu Keluarga (KK).

Menurut Ratna inovasi ini merupakan suatu kebijakan yang bagus dan memudahkan, sehingga masyarakat dapat terlayani dengan baik ke depannya tanpa harus repot-repot ke kantor Dukcapil.

Masyarakat tidak perlu repot-repot ke Kantor Dukcapil untuk mengurus administrasi kependudukan karena mesin ADM diletakkan di taman Kota Solok yang cukup ramai pengunjung, apa lagi saat hari Minggu.

"Anggaran untuk penempatan alat itu di Taman Kota Solok sudah ada, Insya Allah tahun ini akan siap beroperasi," ujar dia.

Selain itu, mesin ADM itu merupakan bantuan dari pemerintah pusat karena Dukcapil Solok berhasil meraih penghargaan ‘Dukcapil Bisa’ dari Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri).

Penghargaan itu diberikan sebagai apresiasi atas kinerja terbaik, dedikasi yang tinggi, komitmen yang kuat, dan konsistensi dalam mengemban dan menjalankan tugas memberikan pelayanan administrasi kependudukan selama 2020.

Penghargaan 'Dukcapil Bisa' berdasarkan kriteria total penerbitan KTP, total penerbitan KIA, total penerbitan akte kelahiran, penggunaan kertas putih pada 18 dokumen kependudukan.