67 siswa SMA sederajat lulus seleksi Paskibra Agam

id Paskibra agam,Berita agam

67 siswa SMA sederajat lulus seleksi Paskibra Agam

Calon anggota Paskibra mengikuti seleksi. (Antara/Dok tim seleksi)

Lubukbasung (ANTARA) - Sebanyak 67 dari 154 siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat di Kabupaten Agam, Sumatera Barat dinyatakan lulus seleksi sebagai calon anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) yang akan bertugas pada upacara peringatan HUT RI tingkat kabupaten itu.

Salah seorang Tim Seleksi dan Pelatih Pasukan Pengibar Bendera Tingkat Agam, Aznil di Lubukbasung, Jumat, mengatakan ke 67 orang itu berasal dari 34 putra dan 33 putri. Enam siswa atau tiga pasang juga dipilih untuk mengikuti seleksi calon anggota Paskibra Tingkat Provinsi Sumbar.

"Mereka utusan SMA, SMK dan MA di daerah itu. Mereka telah dinyatakan lulus seleksi yang telah kita lakukan," katanya.

Ia mengatakan, seleksi tersebut diikuti oleh 154 siswa di daerah itu. Seleksi itu dilakukan tiga tahapan yang harus diikuti para calon anggota pasukan pengibar bendera.

Ketiga tahapan itu berupa seleksi jasmani,

Untuk seleksi jasmani, tambahnya, telah dilaksanakan pada Rabu (9/3) dan dalam seleksi jasmani yang diseleksi tinggi dan berat badan.

"Tinggi dan berat badan harus seimbang. Untuk putra dengan tinggi minimal 165 centimeter dan maksimal 175 centimeter. Sedangkan untuk putri minimal 162 centimeter dan maksimal 175 centimeter," katanya yang juga pernah menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera Tingkat Sumbar.

Ia menambahkan, seleksi kesamaptaan dilakukan pada Kamis (10/3) dan dilanjutkan seleksi baris berbaris.

Setelah selesai seleksi, para calon anggota Paskibra akan mengikuti latihan selama dua bulan.

"Apabila selama mengikuti latihan mereka tidak ada yang gagal, maka akan ditetapkan sebagai Pasukan Pengibar Bendera dan akan bertugas pada upacara peringatan HUT RI tingkat Agam," katanya. (*)