Warga Padang Panjang antusias ikuti donor darah di Tjahaja Baru

id Donor darah

Warga Padang Panjang antusias ikuti donor darah di Tjahaja Baru

Kegiatan donor darah yang digelar Dealar Yamaha Tjahaja Baru bersama Palang Merah Indonesia (PMI. (ANTARA/HO-Diskominfo)

Padang Panjang (ANTARA) - Warga Kota Padang Panjang antusias mengikuti kegiatan donor darah yang digelar Dealar Yamaha Tjahaja Baru bersama Palang Merah Indonesia (PMI).

Partisipasi anggota Batalyon B pelopor Brimob Bukit Surungan menambah semarak kegiatan tersebut, Selasa.

Guna mendorong antusiasme pendonor, pihak penyelenggara menyiapkan hadiah sembilan kebutuhan pokok (Sembako) untuk 20 orang pertama.

Ketua Bidang Penanggulangan Bencana dan Relawan PMI Kota Padang Panjang, Jondrizal, S.Sos M.Si menyampaikan,

kegiatan tersebut kerap dilakukan pihaknya bersama dengan dealer Yamaha.

"Harapannya, kegiatan serupa bisa dilaksanakan di tempat lainnya. Bukan di sini saja. Mudah-mudahan akan ada kegiatan pendonoran darah di berbagai tempat termasuk di instansi pemerintah," katanya.

Donor darah, sebut Jondrizal, menunjang keselamatan masyarakat. "Donor darah menyehatkan pendonor dan orang yang membutuhkan darah. Donor darah bisa menunjang daya tahan tubuh dan masyarakat yang membutuhkan darah," ujarnya.

Ditambahkan Kepala Markas PMI, Tony Harianto, pihaknya siap membantu masyarakat yang membutuhkan darah.

"Ketersediaan darah kita, selain di Unit Tranfusi Darah (UTD) RSUD Padang Panjang, juga ada di UTD PMI di Bukittinggi.

"Andaikan ketersediaan tak memadai di sini, kita bisa merekomendasikan ke UTD Bukittinggi. Cukup menunjukkan kartu BPJS dan KK," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Cabang Tjahaja Baru, Chece Pradipta mengatakan, pihaknya rutin menggelar kegiatan ini yang sempat terhenti karena COVID-19 tahun 2020 lalu. Tahun ini bisa mulai dilaksanakan kembali, satu kali di Maret 2021.

"Angka COVID-19 sempat naik di pertengahan 2021, menyebabkan kegiatan terhenti dan kita mulai kembali di tahun ini. Biasanya kegiatan ini sekali tiga bulan. Mudah-mudahan event ini bisa berlanjut," pungkasnya.