Satpol PP Limapuluh Kota akan tugaskan 1.544 Linmas untuk sukseskan Pilwanag

id pilwana limapuluh kota,satpol pp limapuluh kota

Satpol PP Limapuluh Kota akan tugaskan 1.544 Linmas untuk sukseskan Pilwanag

Kepala Satpol PP Kabupaten Limapuluh Kota Fiddria Fala bersama Sekretaris Satpol PP M Rifki dan Kabid Perlindungan Masyarakat Hendra. (Antara/Dokumentasi Pribadi)

​​​​​​​Sarilamak  (ANTARA) - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat akan menugaskan 1.544 linmas untuk menyukseskan pelaksanaan Pemilihan Wali Nagari (Pilwanag) di 70 nagari pada 2022.

Kepala Satpol PP Kabupaten Limapuluh Kota Fiddria Fala di Sarilamak, Rabu, mengatakan bahwa pihaknya siap membantu terlaksananya Pilwanag yang demokratis, badunsanak dan sesuai dengan aturan perundang undangan yang berlaku.

"Kita akan menugaskan 1544 orang Linmas Nagari di setiap nagari yang akan melaksanakan Pilwanag pada 2022 ini," katanya.

Ia mengatakan sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 16 tahun 2018 tentang Satpol PP ditegaskan bahwa tugas pokok Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tersebut adalah menegakkan Peraturan Daerah (Perda), menyelenggarakan ketertiban umum dan ketentraman serta menyelenggarakan perlindungan masyarakat.

Saat ini Kabid Perlindungan Masyarakat dipimpin oleh pejabat baru, yakni Hendra yang sebelumnya bertugas sebagai Kabag Protokoler dan Komunikasi Sekda Limapuluh Kota.

Fiddria juga memerintahkan Kabid yang baru untuk cepat beradaptasi dengan tugas pokok yang harus terlaksana dengan baik dan juga meminta untuk semua kegiatan mampu menggunakan teknologi informasi.

"Tujuannya agar semua kegiatan dapat diketahui oleh publik sesuai instruksi Bupati Safaruddin," ujarnya didampingi Sekretaris Satpol PP Kabupaten Limapuluh Kota, M Rifki.

Ia mengungkapkan bahwa tahapan Pilwanag di Kabupaten Limapuluh diperkirakan akan dimulai pada Februari 2022.

"Pelaksanaan Pilwanag kemungkinan April dan kemungkinan pelantikan Wali Nagari terpilih akan dilaksanakan pada Juli 2022," ujarnya.

Sementara itu, Kabid Perlindungan Masyarakat Satpol PP Kabupaten Limapuluh Kota, Hendra mengatakan Linmas nagari harus siap menghadapi pesta demokrasi di nagari ini dengan menjaga ketertiban umum dan ketentraman serta melindungi masyarakat.

"Kami akan maksimal untuk memastikan seluruh tahapan pesta demokrasi ini dapat berjalan aman dan tertib," katanya.