Lomba Bertutur Bung Hatta sukses diselenggarakan Disdikbud Bukittinggi

id berita bukittinggi,berita sumbar,Lomba Bertutur Bung Hatta

Lomba Bertutur Bung Hatta sukses diselenggarakan Disdikbud Bukittinggi

Penyerahan hadiah Lomba Bertutur Bung Hatta di Bukittinggi (Antara/Alfatah)

Bukittinggi (ANTARA) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Bukittinggi sukses menyelenggarakan kegiatan Lomba Bertutur atau bercerita tentang ketokohan tokoh proklamator Bung Hatta.

Acara yang diselenggarakan selama dua hari itu berakhir Selasa ini setelah menampilkan peserta dari seluruh perwakilan satuan pendidikan mulai SD, SMP dan SMA sederajat.

Kasi Permuseuman Disdikbud Kota Bukittinggi, Beta Ayu Listyorini mengatakan rasa bangganya dengan antusias pelajar dan penampilan yang diberikan selama kegiatan berlangsung.

"Alhamdulillah, sukses berjalan sesuai rencana, kita bangga dengan pelajar di Kota Bukittinggi yang memiliki keberanian tampil dan punya kecakapan berbicara serta pengetahuan mendalam atas diri pribadi Muhammad Hatta," kata dia.

Lomba Bertutur dengan tema Bung Hatta itu meliputi masa kanak-kanak Bung Hatta di Bukittinggi, masa remaja di Padang, masa remaja di Batavia (Jakarta), masa kuliah di Belanda, masa perjuangan kemerdekaan, idealisme Bung Hatta tentang Indonesia merdeka, dan kehidupan Bung Hatta setelah mengundurkan diri dari Wakil Presiden.

Lomba ini dipimpin oleh tiga orang dewan juri yang berpengalaman dalam dunia sastra di Bukittinggi.

Mereka adalah Linda Zoebir dari pakar dan praktisi kebudayaan Sumatera Barat, Silvia Hanani dari Dosen IAIN Bukittinggi serta Romi dari RRI Bukittinggi.

Setelah penampilan seluruh peserta, dewan juri kemudian mengumumkan hasil penilaian dari tingkat SD, SMP dan SMA.

Lomba Bertutur Bung Hatta kategori SD dimenangkan oleh Nadia dari SD 14 Tanjuang Alam sebagai juara pertama disusul Indra dari SD 03 Pakan Kurai sebagai juara kedua dan Zakia Kaila dari SD Al Islah sebagai juara ketiga.

Untuk kategori SMP, dijuarai oleh Najwa dari SMP Al Ishlah Bukittinggi, SMPN 3 sebagai juara kedua dan SMPN 5 sebagai juara ketiga.

Sedangkan untuk kategori SMA, juara pertama diraih oleh SMKN 2 Bukittinggi, Indah dari SMK Pembina Bangsa sebagai juara kedua disusul Jesika dari SMA 1 Bukittinggi.