Anak usia 6-11 tahun akan segera di Vaksin COVID-19 , ini pesan Ketua Komnas PP KIPI

id vaksin anak,berita sumbar,berita padang,covid sumbar,covid padang,vaksin sinovac

Anak usia 6-11 tahun akan segera di Vaksin COVID-19 , ini pesan Ketua Komnas PP KIPI

Tangkapan Layar Prof Hinky Hindra Irawan Satari, Ketua Komnas PP KIPI pada acara Bincang Antara (ANTARA/Laras Robert)

Padang (ANTARA) - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah menerbitkan izin penggunaan darurat vaksin Sinovac untuk anak usia 6 hingga 11 tahun, penerbitan izin ini merujuk pada hasil penilaian keamanan dan kekebalan yang ditimbulkan terhadap Covid-19.

"Vaksin yang direkomendasikan oleh BPOM untuk diberikan pada anak umur 6 -11 tahun karena memiliki daya lindung yang tinggi," kata Prof Hinky Hindra Irawan Satari, Ketua Komnas PP KIPI pada acara Bincang Antara melalui zoom, Selasa (4/11).

Prof Indra juga mengatakan vaksinasi pada anak sangat diperlukan untuk mengendalikan Covid 19 selain cuci tangan, pakai masker, jaga jarak, 3t (trace, test, treatment).

Ia juga memberikan tips untuk terus menjaga kekebalan tubuh pada anak seperti, tetap menjaga kebersihan diri, makan makanan yang bersih, tidur yang cukup, jangan membiarkan anak-anak stres, minum air putih yang cukup dan makan makanan yang sehat.

"Anak-anak juga harus terjaga nutrisinya. vitamin a untuk anak untuk menjaga daya tahan tubuh, juga bisa vitamin b dan c untuk menjauhkan anak dari badai sitokin" tambah Prof Indra.

Vaksinasipada anak usia 6 -11 tahun ini tidak direkomendasikan bagi anak yang memiliki alergi maupun defisiensi imun primer.

"Setelah divaksin sampaikan kalau ada gejala, diobati dan diberi obat, jangan ditunda segera diobati, kalau masih berlanjut diperiksakan ke dokter", katanya.

Ia juga berpesan untuk orang tua untuk agar memberikan izin anaknya untuk divaksin Covid 19.

"Sama kayak imunisasi untuk anak lainnya. jangan khawatir, jangan takut," tambahnya.