Menanti prodi Kedokteran hewan dan perikanan dibuka Fakultas Peternakan Unand

id berita padang,berita sumbar,unand

Menanti prodi Kedokteran hewan dan perikanan dibuka Fakultas Peternakan Unand

Rapat Senat Terbuka Faklutas Peternakan Unand dalam rangka Dies Natalis ke -58 di Padang, Senin. (Antarasumbar/HO-Peternakan Unand)

Saya mendorong  Fakultas Peternakan Universitas Andalas menambah prodi baru yakni  Kedokteran Hewan dan Perikanan, kalau bisa ditargetkan tahun depan sudah terealisasi,
Padang (ANTARA) - Fakultas Peternakan Universitas Andalas (Unand) Padang berencana membuka program studi (Prodi) Kedokteran Hewan dan Perikanan pada tahun depan sebagai upaya memperluas jumlah prodi yang diminati calon mahasiswa.

"Saya mendorong Fakultas Peternakan Universitas Andalas menambah prodi baru yakni Kedokteran Hewan dan Perikanan, kalau bisa ditargetkan tahun depan sudah terealisasi," kata Wakil Rektor I Unand Prof Mansyurdindi Padang, Senin.

Ia menyampaikan hal itu pada dies natalis ke-58 dan rapat senat Fakultas Peternakan Unand dengan tema Menjawab Tantangan Unand sebagai PTN berbadan hukum.

Menurut dia target dari prodi ini adalah mahasiswa dari jalur mandiri dan peraturannya sudah diselesaikan.

Untuk SK pendirian prodi ini, cukup SK Rektor saja, tak lagi SK Menteri, ini tentu peluang karena Unand sudah berstatus Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH)," kata dia.

Ia menilai untuk menjawab tantangan PTN-BH Fakultas Peternakan Unand juga perlu meningkatkan keterampilan lulusan memasuki dunia kerja.

"Salah satunya dengan mengembangkan program kewirausahaan agar mahasiswa bisa berkompetisi merebut peluang kerja di Tanah Air dan global," katanya.

Sementara Dekan Fakultas Peternakan terna Unand Dr Adrizal menilai penambahan prodi baru tersebut merupakan tantangan sebagai PTN-BH bagi Faterna.

"Untuk penambahan prodi Kedokteran Hewan sedang dipelajari dan kemungkinan penambahan program studi lain seperti perikanan," kata dia.

Ia menilai penambahan prodi tersebut akan membuat Fakultas Peternakan Unand semakin berkembang.

Selain itu Fakultas Peternakan juga mengembangkan jiwa kewirausahaan kepada mahasiswa agar menciptakan lulusan yang mampu menjadi pengusaha dan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat di lingkungan sekitarnya.

"Artinya semua insan peternakan ataupun lulusan Faterna memiliki jiwa wirausaha," ujarnya.

Ia mengakui saat ini insan peternakan dilanda krisis karena permasalahan yang dihadapi menyangkut peternakan rakyat.

"Untuk itu kami bersama-sama pemangku kepentingan terkait dan pemerintah bersinergi dan berkolaborasi meningkatkan perekonomian masyarakat melalui kegiatan pengabdian masyarakat," kata dia.

Ia menyampaikan Fakultas Peternakan Unand saat ini telah memiliki farm yang diisi beraneka ragam ternak, seperti ayam, sapi, rusa dan kambing.

"Di sana para mahasiswa langsung mempratikan ilmu yang pelajari di bangku kuliah. Mereka menggarap lahan seluas 20 hektare tersebut hingga mengolah pupuk organik," kata dia.

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2021