UNP mewisuda tiga mahasiswa asing

id wisuda unp, unp, berita padang, berita sumbar

UNP mewisuda tiga mahasiswa asing

Salah satu mahasiswa internasional, Lamai Tulum dari jurusan Pendidikan Bahasa Inggris yang diwisuda pada periode ke 124 menyampaikan kata sambutannya dihadapan Rektor beserta jajaran dan seluruh wisudawan yang hadir. ((ANTARA/Mutiara))

Padang (ANTARA) - Universitas Negeri Padang (UNP) mewisuda tiga mahasiswa asing yang berasal dari Myanmar untuk pertama kalinya pada periode wisuda UNP ke 124 yang berlangsung empat hari pada 2 sampai 5 Oktober 2021.

"Kita ada momen penting untuk wisuda yang ke 124 ini karena ada tiga orang mahasiswa dari Myanmar yang di wisuda oleh UNP dan kita berterima kasih karena mereka bisa menamatkan studinya tepat waktu," kata

Rektor UNP Prof Ganefri di Padang, Minggu.

Ia mengatakan ketiga mahasiswa adalah dari program magister bernama Tin Moh Moh Swe dari jurusan Administrasi Pendidikan, Lamai Tulum dari Pendidikan Bahasa Inggris, dan Kyaw Zay Ya dari Teknik Kejuruan.

Sementara itu, lanjut Rektor, masih ada 5 mahasiswa Myanmar yang masih menempuh pendidikan di UNP pada Program S1.

Secara keseluruhan, saat ini terdapat 37 mahasiswa asing yang tengah menjalani perkuliahan di UNP yang berasal dari Kamboja, Filipina , Arab Saudi dan berbagai negara lainnya.

Dalam kesempatan itu, Rektor menyampaikan pidato dengan tema "Kontribusi Perguruan Tinggi LPTK dalam menginternalisasikan nilai-nilai Pancasila melalui Ranah Pendidikan".

Pidato tersebut disampaikan berkaitan dengan hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap 1 Oktober, yang merupakan momentum bagi bangsa Indonesia untuk mengingat perjalanan sejarah dalam mempertahankan ideologi negara.

Ia menyampaikan empat hal yang bisa dipetik dari perayaan hari bersejarah tersebut, pertama sebagai upaya memperkokoh peran Pancasila sebagai dasar negara serta ideologi bangsa.

Kedua, Kesaktian Pancasila dimaknai sebagai sebuah penghormatan kepada seluruh pahlawan yang gugur dalam peristiwa G30S/PKI, sekaligus mengenang jasa pahlawan yang telah gugur.

ketiga, Kesaktian Pancasila memiliki makna penting untuk menunjukkan pada dunia bahwa Indonesia tumbuh dan besar sebagai bangsa yang multikultural dan Berbhineka Tunggal Ika.

Keempat, Kesaktian Pancasila juga dimaknai sebagai bentuk untuk meningkatkan rasa cinta tanah air, patriotisme, nasionalisme dan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Di sisi lain, salah seorang wisudawan dari mahasiswa asing Lamai Tulum dari jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (S2) mengatakan alasan memilih kuliah di UNP karena merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia.

"Alasan kedua tidak banyak universitas yang memiliki jurusan pendidikan Bahasa Inggris, saya pikir hanya di UNP saya bisa melanjutkan pendidikan S2 dengan jurusan tersebut,"ucapnya.

Pada wisuda ke 124 , UNP mewisuda sebanyak 3.032 orang lulusan dari jenjang D III, D IV, S 1, dan S3 serta Program Profesi Konselor yang berasal dari 10 Fakultas dan Pascasarjana.