Rustian siap maju pada pemilihan ketua Ikatan Alumni Unand

id Ika unand,Rustian siap maju pemilihan ketua,ketua Ikatan Keluarga Alumni Unand,Rustian maju pemilihan ketua Ikatan Kelua

Rustian siap maju pada pemilihan ketua Ikatan Alumni Unand

Tangkapan layar  Direktur Dukungan Sumber Daya Darurat, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Rustian yang juga calon ketua Ikatan Unand. (Antara/Ikhwan Wahyudi)

Padang (ANTARA) - Menyongsong Kongres VI Ikatan Alumni Universitas Andalas (Unand) Padang, Dr (C) apt Rustian, S.Si, M.Kes siap bertarung memperebutkan kursi Ketua Umum untuk periode 2021 – 2025.

"Ada tiga misi yang saya siapkan, pertama membangun sinergi alumni dan universitas untuk mengembangkan almamater, kedua meningkatkan potensi alumni secara komprehensif, integral dan holistik, serta ketiga membangun bangsa dan negara melalui kolaborasi dengan stakeholder," kata dia di Padang, Jumat malam lewat jumpa pers daring.

Mengusung tagline "Jo Rustian IKA Unand Diateh", Rustian berangkat mengusung visi menjadikan organisasi kebanggaan alumni dan almamater berdaya saing tinggi yang siap berkompetisi global untuk kejayaan bangsa.

Menurut Direktur Dukungan Sumber Daya Darurat, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tersebut ia akan membangun sinergi alumni untuk mengembangkan almamater.

"Alumni dan kampus harus merupakan satu kesatuan dan perguruan tinggi tidak akan bisa maju sendiri tanpa dukungan almamater dan alumni," kata dia.

Selain itu ia berencana meningkatkan potensi alumni secara komprehensif dan holistik

Sementara itu, Ketua Pengarah Tim Pemenangan Welly Bend mengungkapkan Rustian mengusung strategi yang dirangkum dalam DIATEH yakni Diversity, Integrity, Amanah, Tangguh, Elegan, Harmonis.

Diversity adalah keberagaman untuk mencapai tujuan, Integrity berupa kejujuran dan keterbukaan, Amanah dimaksudkan adalah bertanggungjawab di setiap Langkah, Tangguh adalah memiliki daya tahan dalam berjuang untuk menjadi yang terbaik. Elegan diartikan sebagai menjunjung tinggi nilai dalam kebersamaan dan Harmonis yakni menghargai perbedaan dan peduli.

"Program kerja yang diusung Rustian pengembangan organisasi, kolaborasi, hilirisasi riset, sosical welfare dan capacity building," kata dia

Rustian menyelesaikan S-1 nya di Fakultas Farmasi Universitas Andalas, sementara gelar S-2 diraih dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta mengambil jurusan Magister Manajemen Kebijakan Obat. Gelar S-3 didapat dari Universitas Brawijaya Malang di bidang Ilmu Administrasi Publik.

Sejumlah penghargaan telah dikantongi Rustian. Selain Satyalancana Karya Satya X Tahun pada 2016 dari Presiden RI, di tahun 2020 Rustian mengantongi tiga penghargaan Operasi bantuan Kemanusiaan Natuna dan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I, Satyalancana Karya Satya XX Tahun dari Presiden RI, serta Operasi Bantuan Kemanusiaan Natuna dari Kepala BNPB.

Sejumlah prestasi menonjol pun dimiliki Rustian. Di tingkat instansi Rustian meraih juara tiga kategori sertifikasi Barang Milik Negara pada tahun 2014 dan Unit Pengelola Arsip Terbaik ke IV di Lingkungan Badan Nasional Penanggulangan Bencana pada 2020, sementara di tingkat nasional Rustian meraih penghargaan melaksanakan seleksi CPNS 2014 menggunakan metode Computer Assisted Test (CAT) Badan kepegawaian Negara secara cepat, akuntabel dan transparan serta bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme dalam rangka mewujudkan Aparatur Sipil Negara.

Kongres VI IKA UNAND akan digelar dalam dua tahap, Pleno 1-3 yaitu pembukaan, laporan pertanggungjawaban dan pandangan umum peserta dilaksanakan secara hybrid (daring dan luring) pada Sabtu, 24 Juli 2021. Sementara Pleno 4-5 yakni pemilihan ketua umum dan rekomendasi dilaksanakan secara luring (offline) menggunakan sistem perwakilan pada Sabtu, 7 Agustus 2021 di Padang.
Pewarta :
Editor: Mario Sofia Nasution
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar