Rektor UNP paparkan Merdeka Belajar dalam filosofi Alam Takambang Jadi Guru

id rektor unp,alam takambang jadi guru,kampus merdeka,ganefri

Rektor UNP paparkan Merdeka Belajar dalam filosofi Alam Takambang Jadi Guru

Rektor UNP Prof Ganefri Ph.D menyampaikan orasi ilmiah dengan tema Merdeka Belajar dalam Filosofi Alam Takambang Jadi Guru" di hadapan wisudawan dan wisudawati di Padang, Sabtu. (ANTARA/Mutiara)

Padang (ANTARA) - Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) Prof Ganefri Ph.D menyampaikan orasi ilmiah pada wisuda UNP ke 123 dengan tema "Merdeka Belajar dalam Filosofi Alam Takambang Jadi Guru" di Padang, Sabtu.

"Belajar dengan 'alam takambang' akan selalu serasi dan selaras dengan perkembangan karena tidak akan dijumpai apa yang disebut dengan keterikatan, kedaluarsa dan sebagainya," ucap Rektor, Sabtu.

Ia mengatakan prinsip "alam takambang" akan menumbuhkan jiwa kemerdekaan, seseorang hanya patuh pada kebenaran, hormat pada kebaikan, bukan patuh pada siapa-siapa.

Prinsip alam takambang jadi guru telah diterapkan oleh pelopor dan tokoh pendidikan di Sumbar yang menjadikan catatan penting dari sejarah pendidikan di daerah tersebut.

Salah satu tokoh pendidikan di Sumbar yakni Rohana Kudus. Melalui model pendidikan merdeka belajarnya, ia berhasil mendidik dan memberikan keterampilan hidup kaum perempuan di Minangkabau.

"Yakni melawan budaya patriarki dalam konstruksi domestik dan publik yang membelenggu kebebasan perempuan," kata dia saat mewisuda 1.381 lulusan pada periode ini.

Tokoh pendidikan berikutnya yakni Engku Mohammad Syafei pada 1926 mendirikan sekolah di Kayu Tanam, telah menerapkan prinsip merdeka belajar dengan model kurikulum alternatifnya.

Ia memberi penekanan pada kebebasan untuk merangsang multitalenta peserta didik dalam belajar termasuk belajar di alam.

Dari kedua catatan sejah tersebut, lanjutnya, memberi penguatan bahwa sebenarnya orang Minangkabau telah menerapkan konsep program merdeka belajar sejak dahulu, jauh sebelum konsep ini digerakkan kembali oleh pemerintah.

Dalam kesempatan itu, ia menyampaikan prosesi wisuda yang digelar secara luring dan daring ini dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19 yang ketat.

Peserta yang hadir secara luring sudah melalui proses Rapid Test Antigen di Poliklinik UNP dan dinyatakan bebas COVID-19 dalam waktu 2 x 24 jam.

Kegiatan wisuda digelar selama tiga hari berturut-turut, wisuda hari ini merupakan kegiatan wisuda hari pertama dan dilanjutkan pada Minggu dan Senin, 27-28 Juni 2021.