Pemkab Solok buka tempat wisata untuk warga lokal selama libur Lebaran

id Berita solok, berita sumbar, pemkab solok

Pemkab Solok buka tempat wisata untuk warga lokal selama libur Lebaran

Objek wisata pulau indah, Alahan Panjang, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sumbar (Antara/Laila)

Arosuka (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok, Sumatera Barat tetap membuka tempat wisata pada libur Lebaran sebagai hiburan untuk warga di daerah itu dengan syarat menunjukkan bukti Kartu Tanda Kependudukan (KTP).

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Kabupaten Solok Nasripul Romika di Arosuka, Sabtu mengatakan terkait pembukaan tempat wisata itu mematuhi surat edaran gubernur Sumbar.

"Setelah dikomunikasikan dengan pimpinan daerah, maka berdasarkan keputusan kepala daerah objek wisata di Kabupaten Solok tetap dibuka dengan catatan tetap memperhatikan protokol kesehatan COVID-19 secara ketat," kata dia.

Ia meminta pada seluruh pengelola objek wisata agar menerapkan protokol kesehatan COVID-19 dengan ketat seperti mewajibkan pakai masker pada pengunjung, menyediakan tempat cuci tangan, menjaga jarak, serta menyediakan alat ukur suhu tubuh.

"Untuk mencegah kerumunan, maka pengelola objek wisata tetap mengawasi dan mengendalikan jumlah pengunjung, yakni hanya 30 persen dari kapasitas," ujar dia.

Nasripul menyebutkan objek wisata tersebut dibuka karena di Kabupaten Solok memiliki destinasi wisata yang pada umumnya bukan untuk wisatawan masif melainkan wisatawan yang menikmati keindahan alam Kabupaten Solok.

"Meskipun ditutup, kita tidak bisa membatasi kunjungan karena objek wisata pada umumnya berada di pinggir jalan seperti Danau Singkarak, Kebun Teh, Danau Diatas, Danau Bawah dan beberapa objek wisata lainnya," kata dia.

Kendati objek wisata dibuka, namun saat ini tidak diperbolehkan mengadakan pertunjukan serta mengadakan permainan yang memicu kerumunan.

Saat ini jumlah pengunjung diutamakan wisatawan lokal dan tidak ada wisatawan dari luar daerah.

Karena sebelum Lebaran pemerintah pusat sudah melarang masyarakat untuk mudik dan jalur perbatasan dijaga dengan ketat sehingga kemungkinan wisatawan luar untuk berkunjung sangat tipis.

Nasripul menyebutkan saat ini di Kabupaten Solok terdapat sebanyak 200 objek wisata di antaranya lima ranah danau seperti Danau Diatas, Danau Bawah, Danau Talang, Danau Singkarak, dan Danau Tuo.

"Ada juga tempat Pemandian Ayia Angek, Alahan Panjang Risort, Villa Kayu Putih, Kebun Stroberi dan beberapa objek wisata lainnya," ujar dia.