Payakumbuh akan melaksanakan UAS SD dan SMP akhir Maret sampai April

id berita payakumbuh,berita sumbar,didik

Payakumbuh akan melaksanakan UAS SD dan SMP akhir Maret sampai April

Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh Azwardi. (Antarasumbar/Akmal Saputra)

Soal dan kisi diserahkan ke sekolah masing-masing,
Payakumbuh (ANTARA) - Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, Sumatera Barat akan melaksanakan ujian akhir sekolah (UAS) untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada 29 Maret hingga akhir 1 April 2021.

"Untuk tahun ini Ujian Nasional (UN) dan ujian kesetaraan tidak digelar. Karena itu, akan dilaksanakan UAS untuk siswa-siswa kelas VI SD dan IX SMP," kata Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, Azwardi di Payakumbuh, Senin.

Ia mengatakan penyusunan kisi-kisi soal, telaah soal dan penyusunan soal sudah dilaksanakan sejak 1 Februari sampai 11 Februari 2021.

Sementara itu, sambungnya untuk pelaksanaan Ujian Tengah Semester (UTS) II telah mulai dilaksanakan pada 1 Maret dan akan dilaksanakan sampai dengan 6 Maret 2021.

Mata pelajaran yang akan dilaksanakan untuk UAS tingkat SMP adalah, Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), Bahasa Indonesia.

"Selanjutnya Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Bahasa Inggris, Seni Budaya, Penjaskes dan prakarya. Jadi 10 mata pelajaran itu yang akan diujikan untuk UAS tingkat SMP," katanya.

Sementara itu untuk siswa kelas VI SD, akan ada delapan mata pelajaran yang akan diujikan, yakni PAI, PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, Penjaskes, dan Seni Budaya dan Prakarya (SBDP).

Ia mengatakan tahapan sebelum UAS dilaksanakan, dinas sudah melaksanakan sosialisasi ke sekolah untuk melaksanakan ujian dengan prosedur yang telah ditetapkan, termasuk untuk memperhatikan protokol kesehatan.

"Soal dan kisi diserahkan ke sekolah masing-masing, tapi rambu-rambunya tetap diatur oleh Dinas Pendidikan seperti jadwal pelaksanaan. Pihaknya tetap akan memonitoring ujian, sekaligus protokol kesehatan di sekolah," ujarnya.

Sementara untuk pelaksanaan Pesantren Ramadhan, Azwardi mengungkapkan bahwa pihaknya sudah mempersiapkan jadwal, tapi pelaksanaannya masih menunggu persetujuan dari Ketua Satgas COVID-19 Kota Payakumbuh, yaitu Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi.

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar