Jadwal penerbangan di bandara Pasaman Barat diganti setiap Rabu

id berita pasaman barat,berita sumbar, bandara

Jadwal penerbangan di bandara Pasaman Barat diganti setiap Rabu

Kepala Dinas Perhubungan Pasaman Barat Rizaldi melalui Kepala Bandara Pusako Anak Nagari Eva Wardi Putra saat penerbangan perdana beberapa waktu lalu. (Antarasumbar/Istimewa)

Perubahan jadwal itu langsung keluar dari maskapai penerbangan Susi Air. Mudah-mudahan masyarakat bisa memahaminya,
Simpang Empat (ANTARA) - Jadwal Penerbangan di Bandara Pusako Anak Nagari Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat mengalami perubahan ke hari Rabu setiap minggunya.

"Benar, jadwal penerbangan mengalami perubahan yang biasanya setiap Jumat maka mulai pekan ini penerbangan akan dilakukan setiap Rabu," kata Kepala Dinas Perhubungan Pasaman Barat, Rizaldi melalui Kepala Bandara Pusako Anak Nagari Eva Wardi Putra di Simpang Empat, Selasa.

Ia mengatakan untuk rute penerbangan dan jadwal keberangkatan tetap tidak berubah yakni Pekanbaru-Pasaman Barat pukul 09.05 WIB dan Pasaman Barat-Pekanbaru pukul 10.20 WIB.

"Perubahan jadwal itu langsung keluar dari maskapai penerbangan Susi Air. Mudah-mudahan masyarakat bisa memahaminya," harapnya.

Menurut Eva Wardi Putra alasan perubahan jadwal dikarenakan menyesuaikan rute penerbangan reguler subsidi perintis di 13 bandara di bawah wilayah KPA Dabo Singkep tahun anggaran subsidi penerbangan perintis APBN 2021.

Selain itu, juga mengsingkronisasikan rute penerbangan perubahan jadwal dari hari Jumat ke hari Rabu itu pun belum tentu tetap, dengan alasan biasanya diawal tahun ada evaluasi penerbangan angkutan perintis.

Ia mengimbau seandainya melonjak volume penumpang di Bandara Pusako Anak Nagari maka menjelang evaluasi akan ada perubahan kembali baik jadwal hari ataupun bertambah hari.

"Mohon dukungan masyarakat Pasaman Barat atau masyarakat perantau Pekanbaru Riau. Mari kita ramaikan dan manfaatkan angkutan udara perintis," ajaknya.

Untuk ongkos juga tidak ada perubahan yakni Pasaman Barat-Pekanbaru hanya Rp311.100 dan Pekanbaru-Pasaman Barat Rp356.100.

Menurutnya sekali penerbangan bisa membawa sebanyak 12 orang penumpang dengan anggaran subsidi pemerintah pusat.

"Akses penerbangan ini sangat bermanfaat dan mempersingkat waktu menuju Pekanbaru yang hanya 45 menit. Jika menggunakan jalur darat bisa menempuh sembilan jam perjalanan," katanya.

Ia menjelaskan manfaat menggunakan pesawat, jarak tempuh Pasaman Barat - Pekanbaru semakin singkat, efisien dan cepat.***1***

-----