LLDIKTI Wilayah X sarankan penggabungan PTS tingkatkan mutu

id LLDikti, prof herry, pts, universitas, sumbar kini

LLDIKTI Wilayah X sarankan penggabungan PTS tingkatkan mutu

LLDIKTI X akan terapkan kampus nagari permudah perkuliahan daringĀ 

Padang (ANTARA) - Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X menyarankan agar perguruan tinggi swasta (PTS) yang ada di lingkungannya agar bergabung menjadi universitas sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan.

"Hal itu bertujuan untuk memperkecil jumlah PTS supaya kualitasnya besar," kata Kepala LLDIKTI Wilayah X Prof Dr Herri di Padang, Rabu.

Ia juga mengatakan selain memiliki kesamaan visi dan misi, perguruan tinggi yang memiliki kesamaan yayasan juga bisa digabungkan. Dengan demikian diharapkan ke depannya dapat melahirkan perguruan tinggi yang lebih kuat dan berkualitas.

Penggabungan PTS, kata dia, berdasarkan ketentuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menjadi salah satu indeks upaya meningkatkan mutu pendidikan.

Ia juga mengatakan melalui penggabungan PTS tersebut banyak keuntungan yang didapatkan oleh lembaga pengelola PTS.

"Salah satunya lembaga pengelola dapat mengurangi biaya operasional perguruan tinggi, karena biaya operasional yang dikeluarkan cukup besar. Tentu kalau digabungkan lebih efisien," katanya menjelaskan.

Sementara, keuntungan bagi kementerian atau LLDIKTI ialah akan lebih memudahkan dalam melakukan pengawasan, karena sebelumnya pengawasan dilakukan kepada dua PTS sekarang menjadi satu PTS.

Keuntungan lainnya kata dia, sebelumnya syarat menjadi universitas sebanyak 10 prodi saat ini cukup lima prodi saja.

Ia berharap ke depannya beberapa perguruan tinggi lainnya yang belum mengajukan SK penggabungan perguruan tinggi supaya segera digabungkan untuk memperkuat perguruan tinggi. (*)
Pewarta :
Editor: Siri Antoni
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar