LL DIKTI Wilayah X tingkatkan kualitas PTS melalui Bimtek Pusat Karir Dosen

id Berita Padang, Padang terkini, Sumbar

LL DIKTI Wilayah X tingkatkan kualitas PTS melalui Bimtek Pusat Karir Dosen

Kepala LL DIKTI Wilayah X Prof Herri (Antara/Laila Syafarud)

Padang (ANTARA) - Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL DIKTI Wilayah X meningkatkan kualitas Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di lingkungan Provinsi Jambi, Riau, Kepulauan Riau, dan Sumbar melalui bimbingan teknis (Bimtek) pusat karir dosen atau Tracer Study.

“Kendati di tengah pandemi Corona Virus Disaese (COVID-19), kami tetap menggelar Bimtek pusat karir dosen secara daring dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan tinggi," kata Kepala LL DIKTI Wilayah X Prof Herri dalam rilisnya yang diterima Antara Sumbar di Padang, Minggu.

Lebih lanjut ia mengatakan sebelumnya LL DIKTI Wilayah X telah melaksanakan kegiatan Bimtek pusat karir dosen membahas tentang pentingnya unit pengelola di PTS yang melayani pusat karir.

"Pada kesempatan itu kami menghadirkan narasumber yang berkompeten untuk berbagi pengalaman maupun informasi penting dan mekanisme serta hal-hal berkaitan dengan pengelolaan tracer study dalam kaitannya dengan program merdeka belajar," kata dia.

Dengan adanya Bimtek tersebut, Prof Herri berharap kualitas PTS ke depannya semakin meningkat dan bermanfaat untuk masyarakat.

Ia mengatakan sebagai narasumber Bimtek waktu itu ialah Dr Ied Veda R. Sitepu dari Universitas Kristen Indonesia yang menjelaskan tentang urgensi pelaksanaan tracer study dan peran pusat karir di perguruan tinggi.

Dalam Bimtek itu, Ied mengatakan bahwa tracer study menjadi suatu keharusan bagi perguruan tinggi untuk mengevaluasi hasil pendidikannya.

Peran pusat karir adalah sebagai jembatan informasi dunia kerja yang diperlukan perguruan tinggi sehingga dapat membekali mahasiswa agar menjadi lulusan yang mampu masuk ke dunia kerja dan memiliki pengetahuan yang cukup terhadap bidang pekerjaan yang kelak mereka tekuni.

Pewarta :
Editor: Ikhwan Wahyudi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar