Kandas lewat jalur perseorangan, Fakhrizal-Genius Umar mendaftar ke Koalisi Poros Baru

id Pilgub Sumbar, Padang,berita padang, berita sumbar

Kandas lewat jalur perseorangan,  Fakhrizal-Genius Umar mendaftar ke Koalisi Poros Baru

Pasangan Irjen Pol Fakhrizal-Genius Umar mendaftar ke Koalisi Poros Baru yang diisi Golkar, PKB dan Nasdem di Hotel Kryad Bumi Minang pada Sabtu (Istimewa)

Padang, (ANTARA) - Pasangan Fakhrizal-Genius Umar mendaftarkan diri maju di Pilgub Sumbar melalui Koalisi Poros Baru yang diisi Partai Golkar, PKB dan Nasdem yang membuka pendaftaran untuk mencari pasangan yang akan diusung di Pilgub Sumbar pada 9 Desember 2020.

Bakal calon gubernur Irjen Pol Fakhrizal setelah pendaftaran di Padang, Sabtu mengatakan kedatangan dirinya dengan Genius mendaftar ke Koalisi Poros Baru.

Ia menjelaskan hal ini dilakukan setelah prosesnya maju melalui jalur independen memiliki kendala karena berbagai permasalahan yang ditemukan dan dinyatakan tidak lolos verifikasi faktual dan gugatannya sedang berjalan.

Selain itu dirinya juga tidak memiliki partai dan mendapat kabar Koalisi Poros Baru membuka pendaftaran sejak Kamis (6/8).

Ia menegaskan komitmen berpasangan dengan Genius Umar dalam Pilgub 2020.

"Sudah jelas kami berdua ini sudah bersepakat dari awal, saya dan Genius tidak bisa dipisahkan," katanya

Ia menyebutkan perjuangan dirinya dengan Genius Umar sudah dimulai dari awal atau dari jalur independen dengan mengumpulkan KTP sudah sepasang, calon gubernur dan calon wakil gubernur.

"Kita sepakat tidak akan bercerai, Insya Allah mudah-mudahan tetap dengan pak Genius, kalau seandainya diberikan amanah kita tidak akan berpisah," ujarnya.

Ia menilai Sumbar saat ini sudah sangat tertinggal dari daerah lain dan itu harus dikejar

"Kita sudah menyiapkan 17 program prioritas dan nanti akan kita sampaikan. Kita sudah ketinggalan dari daerah lain dan ini yang akan kita pacu," katanya

Sementara itu Genius Umar sepakat dengan pernyataan Fakhrizal yang tidak akan berpisah.

"Yang saya ambil dari Pak Fakhrizal kepemimpinannya dan komitmen. Saya juga begitu kalau tidak dengan Pak Fakhrizal saya tidak akan maju, saya urus kembali Pariaman," kata dia.

Sementara itu, perwakilan Koalisi Poros Baru, Afrizal mengatakan, pihaknya menyambut baik kedatangan para calon untuk mendaftar.

"Setelah berkas pendaftaran para calon diterima, selanjutnya, kami akan memanggilnya untuk melakukan presentasi kepada kami. Namun untuk jadwalnya nanti akan disampaikan," katanya.