SMPN 6 Padang Panjang kembangkan RACHEL untuk pembelajaran daring tanpa paket data

id berita padang panjang,berita sumbar,rachel,internet,pendidikan,smpn 6 padang pajang

SMPN 6 Padang Panjang kembangkan RACHEL untuk pembelajaran daring tanpa paket data

Kepala SMPN 6 Padang Panjang Muji Siswanto. (Antarasumbar/Foto Diskominfo Padang Panjang)

Buku sudah ada, tinggal unduh saja juga bahan belajar berupa video dan tugas,
Kota Padang Panjang (ANTARA) - SMPN 6 Padang Panjang, Sumatera Barat mengembangkan perangkat remote area community hotspot for education and learning (RACHEL) untuk kemudahan belajar tanpa paket internet bagi para siswa.

Kepala SMPN 6 Padang Panjang, Muji Siswanto di Padang Panjang, Senin, mengatakan perangkat itu dilkembangkan bersama tim teknologi informasi sekolah setempat sejak tahun lalu.

Pola kerjanya, perangkat dipasang di suatu titik selanjutnya bagi siswa dalam radius 150 meter dapat memanfaatkan dengan mengaktifkan wifi pada gawai lalu memilih jaringan dengan kode RPI.

Kemudian menggunakan mesin pencari, siswa mengakses 10.10.10.10 lalu siswa dapat mengunduh semua bahan pembelajaran yang sudah diunggah para guru.

"Buku sudah ada, tinggal unduh saja juga bahan belajar berupa video dan tugas. Satu kali seminggu siswa mengunduh bahan dan tugas, minggu berikutnya mengunggah tugas yang sudah selesai dikerjakan," jelasnya.

Untuk penggunaan RACHEL pihaknya memasang masing-masing di tiga titik di Kecamatan Padang Panjang Timur dan Padang Panjang Barat.

Perangkat tersebut dipasang di rumah siswa yang letaknya strategis kemudian siswa lain dapat mendekati titik pemasangan hingga radius 150 meter untuk dapat mengunduh bahan belajar tanpa paket internet.

"Sekarang kami memetakan dimana tempat tinggal siswa. Dimana yang paling banyak dan strategis, di situ akan dipasang," katanya.

RACHEL sudah diujicoba penggunaannya tahun lalu dan d tahun ajaran baru kali ini pihaknya menyosialisasikan penggunaan perangkat tersebut agar orangtua terbantu dan tidak perlu membeli paket internet.

Ia mengatakan RACHEL kini sudah dilirik oleh sekolah lain di Sumbar seperti dari Pesisir Selatan yang meminta dibantu memasang alat tersebut untuk mendukung pembelajaran daring di daerah itu.

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar