Tim KKN Tematik Kesehatan FK Unand sumbang APD bagi medis dan masyarakat

id ken tematik, berita padang, berita sumbar

Tim KKN Tematik Kesehatan FK Unand sumbang APD bagi medis dan masyarakat

Penyerahan APD yang dibuat peserta KKN tematik FK Unand kepada masyarakat dan tenaga medis. (Antara/FK Unand)

Padang, (ANTARA) - Tim KKN Tematik Kesehatan kelompok 9,Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Andalas yang terdiri atas Program Studi Pendidikan Dokter, Psikologi dan Kebidanan memfasilitasi pembuatan Alat pelindung diri )APD) berupa masker, hazmat dan face shield (pelindung wajah) yang disalurkan kepada masyarakat dan tenaga medis.

"Pembuatan dan penyerahan APD tersebut sebagai salah satu program KKN Tematik dan bentuk pengabdian masyarakat," kata Dosen pembimbing lapangan (DPL) Tim KKN Tematik Kelompok 9, Dr. Adrial, M.Kes di Padang, Sabtu.

Ia mengatakan program ini merupakan bentuk kontribusi nyata tim KKN Tematik Fakultas Kedokteran Universitas Andalas di era pandemi COVID-19 dan juga sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat.

"Tujuan dilaksanakan KKN secara umum sebagai salah satu bentuk dharma bakti keilmuan civitas akademika Universitas Andalas. Program ini juga salah satu bentuk kontribusi dalam memberikan solusi yang ada di lapangan menyikapi kondisi pandemi COVID-19, ujarnya.

Dengan terlaksananya KKN ini soft skill atau keterampilan non teknis mahasiswa terasah dengan lebih peduli dan berempati kepada masyarakat.

Selain itu, APD yang dihasilkan oleh mahasiswa diharapkan bisa bermanfaat dalam upaya melindungi dan mencegah terinfeksi COVID-19 dan tenaga medis bisa bekerja lebih tenang.

Pembuatan masker dilakukan oleh penjahit yang ada di sekitar rumah mahasiswa sehingga bisa menggerakan roda ekonomi masyarakat dengan memberikan edukasi kepada penjahit tentang standar masker yang akan dibuat serta bahan yang digunakan.

Sedangkan faceshield dibuat sendiri oleh mahasiswa mengikuti standar yang ada, ujarnya.Ketua KKN Tematik kelompok 9 program studi Pendidikan Dokter Didi Andova menyampaikan APD yang telah disalurkan terdiri atas hazmat sebanyak 30 unit, masker untuk tenaga kesehatan sebanyak 120 buah, masker untuk masyarakat umum sebanyak 350 buah dan face shield untuk tenaga medis sebanyak 180 buah.

Penyerahan APD yang dibuat peserta KKN tematik FK Unand kepada masyarakat dan tenaga medis. (Antara/FK Unand)


Adapun daerah yang menjadi kelompok sasaran tempat penyaluran APD ini adalah berdasarkan tempat tinggal mahasiswa yang melaksanakan KKN yaitu, RSUD Lubuk Sikaping berupa hazmat, 30 buah, masker tenaga kesehatan 120 buah, dan face shield 164 buah.

Kemudian Lubuk Linggau masker untuk masyarakat umum sebanyak 60 buah, Nagari Sasak, Pasaman Barat masker untuk masyarakat sebanyak 50 buah, Padang Sidempuan masker untuk masyarakat sebanyak 60 buah, Puskesmas Aek Raso, Labuhan Batu Selatan masker untuk masyarakat sebanyak 60 buah, dan face shield sebanyak 16 buah.

Berikutnya Nagari Talu, Talamau, Pasaman Barat masker untuk masyarakat sebanyak 60 buah, Nagari Sungai Duo, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya masker untuk masyarakat sebanyak 60 buah.

Khususnya untuk penyerahan APD di RSUD Lubuk Sikaping baru bisa dilaksanakan pada 19 Mei 2020, sementara yang lainnya sudah dilakukan penyerahan sebelumnya.

Masyarakat dan rumah sakit penerima APD berterima kasih atas pemberian alat pelindung diri dari mahasiswa KKN, yang bersinergi dengan program pengabdian masyarakat FK Unand.Pelaksanaan KKN dimulai sejak 6 April-6 Mei 2020 yang secara resmi telah dibuka oleh Dekan FK Unand, Dr. dr. Rika Susanti, Sp.F (K) juga Rektor Universitas Andalas, Ketua UPT-KKN Unand.

Penyerahan APD yang dibuat peserta KKN tematik FK Unand kepada masyarakat dan tenaga medis. (Antara/FK Unand)


Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar