Edukasi dan Motivasi Pemberdayaan Wanita di Kampung Tematik Lubuk Buaya Kota Padang

id Pengabdian masyarakat Unbrah

Edukasi dan Motivasi Pemberdayaan Wanita di Kampung Tematik Lubuk Buaya Kota Padang

Tim Pengabdian Masyarakat dari Kebidanan Unbrah melakukan Edukasi Pemberdayaan Wanita di Kampung Tematik Lubuk Buaya Kota Padang. (ANTARA/ist)

Padang (ANTARA) - Masalah kesehatan reproduksi wanita perlu jadi perhatian penting karena masih tingginya Angka Kematian Ibu (AKI), Angka Kematian Bayi (AKB) dan Angka Kematian Bawah Lima Tahun (AK Balita).

Pencapaian kesehatan reproduksi dapat terjadi dengan memberikan perlakuan dan edukasi pada sasaran yang sudah ditetapkan, salah satu sasaran tersebut diberikan pada wanita usia subur misal dalam penggunaan alat kontrasepsi.

Di samping itu masalah sosial seperti kemiskinan ikut menjadi faktor pencapaian kesehatan reproduksi.

Untuk itu perlu upaya pemberdayaan wanita yang tepat sasaran agar beberapa masalah tersebut dapat diatasi.

Hal ini yang menjadi alasan tim Pengabdian Masyarakat dari Kebidanan Unbrah melakukan Edukasi Pemberdayaan Wanita di Kampung Tematik Lubuk Buaya Kota Padang yang dilakukan Hari Senin 1 Agustus 2023 di Posyandu Kelurahan Pasie Nan Tiga Wilayah kerja Puskesmas Lubuk Buaya, kota Padang, yang diikuti oleh sekitar 60 orang wanita usia subur di sekitar wilayah tersebut.

Kegiatan Pengabdian masyarakat ini diketuai Novi Maya Sari, S.SiT ,M.Keb dengan anggota Hendri Devita, SKM, M.Biomed dan Afrah Diba Faisal,S.ST,M.Keb. dengan Pembina Kartika Elida,S.ST,M.Keb sebagai bidan pembina Wilayah kerja Puskesmas Lubuk Buaya.

Dalam kegiatan pengabdian ini, tim memberikan solusi untuk permasalahan yang ada di wilayah kelurahan Pasie Nan Tigo dengan cara memberikan Edukasi tentang pentingnya menjaga kesehatan reproduksi sepanjang jalur kehidupan wanita dan mengingatkan pentingnya berKB.

Kemudian memberikan edukasi dan pelatihan pemanfaatan hasil sumber daya Laut dan Alam, guna meningkatkan status sosial ekonomi ibu-ibu rumah tangga di sepanjang pesisir pantai Pasie Nan Tigo, dengan cara membuat olahan makanan ikan laut dan kelapa seperti, nugget ikan, bakso ikan, kerupuk ikan dan coconut jelly.

Terakhir memberikan Workshop untuk ibu-ibu dan karangtaruna tentang cara pengemasan dan marketing hasil laut yang didapat oleh suaminya dan hasil alam yang berada di sekitar wilayahnya seperti kelapa muda yang dibuat menjadi coconut jelly.

Tim Pengabdian Masyarakat dari Kebidanan Unbrah melakukan Edukasi Pemberdayaan Wanita di Kampung Tematik Lubuk Buaya Kota Padang. (ANTARA/ist)


Dalam penyampaian edukasinya tim menjelaskan tentang masalah kesehatan reproduksi bagi perempuan, termasuk perencanaan kehamilan dan persalinan yang dibantu tenaga medis juga harus menjadi perhatian kita bersama, bukan hanya kaum perempuan saja karena hal ini juga dapat berdampak luas dan menyangkut di berbagai aspek kehidupan yang menjadi tolak ukur dalam pelayanan kesehatan.

Pemberdayaan perempuan yaitu salah satu cara untuk mengoptimalkan kemampuan dan peran perempuan. Pemberdayaan diartikan suatu proses dan tujuan untuk menguasai dan memberdayakan kelompok atau individu yang lemah di masyarakat, diperuntukkan pada individu yang mengalami kemiskinan. Sehingga bertujuan pada hasil yang ingin dicapai atau diraih oleh suatu perubahan sosial.

Pemberdayaan diharapkan mampu membentuk individu maupun kelompok menjangkau sumber-sumber produktif yang memungkinkan dapat meningkatkan pendapatan dan mampu memperoleh barang dan jasa yang mereka butuhkan. Status sosial ekonomi daerah pesisir pantai wilayah Pasie Nan Tigo yang kurang atau bisa dikatakan banyak penduduk miskin yang disebabkan latar belakang pengetahuan dan pendidikannya juga rendah, maka dari itu pemberdayaan wanita sangat perlu diprogram kan. *