Kawasan normalisasi Batang Agam di Payakumbuh jadi objek wisata dan olahraga

id Andiko Jumarel

Kawasan normalisasi Batang Agam di Payakumbuh jadi objek wisata dan olahraga

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kota Payakumbuh di kawasan Normalisasi Batang Agam. (ANTARA/Akmal Saputra)

Payakumbuh, (ANTARA) - Kawasan normalisasi Batang Agam di Sungai Pinago, Kecamatan Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh, Sumatera Barat akan dijadikan sebagai kawasan wisata dan olahraga baru di daerah setempat.

"Kawasan sepanjang Batang Agam selama ini menjadi ramai dikunjungi pasca-normalisasi dan ada pembangunan di wilayah itu," kata Plt Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kota Payakumbuh, Andiko Jumarel di Payakumbuh, Jumat.

Saat ini ada beberapa pembangunan sarana yang masih dalam pengerjaan yang direncanakan selesai dalam waktu dekat.

"Pembangunan di antaranya ada skate park, stadion sepak bola, GOR, taman-taman dan lainnya, pengerjaan sudah lebih dari 95 persen," kata dia.

Dengan pembangunan ini diharapkan kawasan ini akan menjadi pusat wisata dan olahraga bagi masyarakat.

Ia mengatakan di lokasi ini nantinya dapat menggelar even-even budaya, seni dan even lain untuk hiburan bagi masyarakat.

Untuk menambah daya tarik dan kenyamanan di lokasi akan disiapkan pusat kuliner khas Payakumbuh, sehingga pengunjung betah berada di lokasi.

"Sarana lain akan terus ditambah dan disempurnakan sesuai kebutuhan, katanya.

Setelah kawasan ini berkembang dan ramai ke depan, diharapkan pemerintah dapat menarik retribusi untuk PAD Payakumbuh. (*)