Disdukcapil Pasaman Barat luncurkan aplikasi android urus administrasi kependudukan

id Aplikasi, android, kependudukan, pasaman barat, sumatera barat

Disdukcapil Pasaman Barat luncurkan aplikasi android urus administrasi kependudukan

Bupati Pasaman Barat, Yuluanto didampingi Ketu DPRD Fahrizal Hafni dan Kadisdukcapil, Yulisna saat mencoba aplikasi android yang baru diluncurkan. (Ist)

Simpang Empat (ANTARA) - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) meluncurkan aplikasi berbasis android untuk mempermudah pengurusan berbagai administrasi kependudukan.

Aplikasi itu langsung di louncing Bupati Pasaman Barat, Yulianto saat pembukaan HUT Pasaman Barat ke-16 Jumatn(3/1) lalu.

"Suatu inovasi yang bagus untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukannya," kata Bupati Pasaman Barat, Yulianto didampingi Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Yulisna.
Bupati Pasaman Barat, Yulianto saat membuka lounching aplikasi android yang digagas Disdukcapil. (Ist)
Menurutnya dalam aplikasi itu menyediakan cek blanko KTP, cek status KTP-elektronik, mengurus perubahan KK, mengurus Akta Kelahiran dan mengurus Akta Kematian.

Kemudian juga bisa mengurus pindah domisili, cek anggota keluarga, laporan pengaduan, indeks kepuasan masyarakat dan Informasi persyaratan dokumen.

Ia menyatakan penggunaan aplikasi android itu caranya cukup mengunduh dukcapil prima mobile melalui play store.
Petunjuk penggunaan aplikasi android pengurusan administrasi kependudukan. (Ist)
Masyarakat tidak perlu lagi antri mengurus dokumen ke kantor Disdukcapil. Setelah selesai masyarakat dapat menjemput dokumennya kekantor.

"Aplikasi ini sangat bagus untuk memberikan pelayanan yang membahagiakan masyarakat. Apalagi dizaman tekhnologi informasi 4.0 yang menghendaki pelayanan yang cepat, mudah dan hemat," ujarnya.

Ia mengharapkan juga Dissdukcapil Pasaman Barat terus berinovasi dan meningkatkan kinerja dalam melayani masyarakat.
Dukcapil prima mobile diluncurkan untuk mempermudah pengurusan administrasi kependudukan. (Ist)
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Yulisna mengatakan akan terus berusaha melakukan inovasi dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

"Apalagi dalam era teknologi informasi yg pesat saat ini. Hal ini butuh kerja keras dan kreatifitas. Sebab sebaik apapun kinerja kita ekspektasi masyarakat terhadap mutu pelayanan sangat tinggi," sebutnya.

Ia juga mengarapkan dukungan semua pihak terhadap berbagai inovasi yang dilakukan terkait pelayanan administrasi kependudukan.
Bupati Pasaman Barat, Yuluanto didampingi Kadisdukcapil, Yulisna saat mencoba aplikasi android yang baru diluncurkan. (Ist)