Himpunan Kerajaan Dharmasraya apresiasi gelaran Festival Pamalayu

id Festival Pamalayu,Himpunan Kerajaan Dharmasraya Bersatu

Himpunan Kerajaan Dharmasraya apresiasi gelaran Festival Pamalayu

Ketua Umum HKBD David Melko Bagindo Rajo. (ANTARA SUMBAR/Ilka Jensen)

Pulau Punjung (ANTARA) - Ketua Himpunan Kerajaan Dharmasraya Bersatu (HKBD), David Melko Bagindo Rajo mengapresiasi gelaran Festival Pamalayu, karena dinilai telah membawa perubahan terhadap aspek kehidupan masyarakat secara budaya maupun ekonomi.

"Kami Himpunan Kerajaan Dharmasraya Bersatu (HKBD) mengapresiasi Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan atas semua yang telah dilakukan untuk daerah," katanya di Pulau Punjung, Senin.

Meskipin Festival Pamalayu awalnya memicu perdebatan namun seiring berjalannya waktu dapat diterima masyarakat.

Menurut dia, hal itu tidak terlepas dari kepiawaian kepala daerah dalam memberikan informasi yang benar kepada masyarakat tentang tujuan digelarnya Festival Pamalayu.

Ia menilai Festival Pamalayu menjadi pintu menjemput nilai-nilai tua di masa lalu, dan ajang edukasi bagi masyarakat untuk mengenal lebih jauh dengan sejarah di Dharmasraya.

Ia bertekad menjadikan HKDB sebagai himpunan kerajaan yang mampu memberikan nilai tambah kepada masyarakat, dan menjadikan Dharmasraya sebagai daerah yang memiliki nilai budaya diakui secara nasional dan internasional.

"Kami siap bekerjasama dengan pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan untuk memberikan yang terbaik bagi Dharmasraya," kata Putra Mahkota Kerajaan Sungai Kambut, Siguntur dan Pulau Punjung.

Selain itu, lanjut dia HKBD juga memiliki semangat meningkatkan nilai budaya dan pariwisata. Kemudian mendorong perekonomian dengan meningkatkan potensi wisata budaya dan potensi sumber daya alam yang ada.

Ia menambahkan HKBD juga siap memberikan dukungan penuh terhadap program-program kebudayaan yang nantinya diyakini mengantarkan Dharmasraya ke gerbang kemajuan dalam berbagai aspek.

Festival Pamalayu yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Dharmasraya bekerja sama dengan sejumlah lembaga, resmi diluncurkan di Museum Nasional, Jakarta, Kamis (22/8).

Puncak Festival Pamalayu adalah bentuk perayaan hari jadi Dharmasraya 7 Januari 2020, selama tujuh hari berturut-turut, 1-7 Januari 2020. Pada puncak perayaan, digelar pelbagai acara yakni Karnaval Arung Pamalayu, Jalan Sehat, Pawai Hari Jadi Dharmasraya, Pameran Artefak Kuno dan Pesta Rakyat.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar