Pemkab Tanah Datar larang pendakian Marapi dan Singgalang di malam pergantian tahun

id Malam pergantian ,Tanah Datar,Irdinansya Tarmizi

Pemkab Tanah Datar larang pendakian Marapi dan Singgalang di malam pergantian tahun

Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi (Antara/Etri Saputra)

Batusangkar, (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, mengimbau seluruh pengelola objek wisata di daerah itu untuk tidak menggelar perayaan pergantian tahun yang berpotensi terjadinya perbuatan maksiat.

Bupati Tanah Datar Irdinansya Tarmizi di Batusangkar Kamis, mengatakan dalam rangka menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat di daerah itu, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Tanah Datar telah mengeluarkan surat edaran.

Yakni surat edaran nomor 300/001/Forkopimda-2019 tertanggal 26 Desember 2019 tentang Pengamanan Pergantian Tahun.

Dalam surat itu, pihaknya sudah menyampaikan surat mengenai pemberitahuan penutupan tempat wisata pada malam hari serta menutup jalur pendakian. Poin imbauan dan larangan tersebut ditujukan kepada kepala instansi vertikal, Kepala OPD, Camat dan Wali Nagari se Kabupaten Tanah Datar.

Adapun imbauan dan larangan berdasarkan hasil rapat Forkopimda terdapat enam poin imbauan, di antaranya yakni, pertama pelarangan mengadakan kegiatan hiburan malam di tempat-tempat umum.

Pendakian Gunung Marapi dan Gunung Singgalang yang berpotensi terjadinya perbuatan maksiat pada saat pergantian tahun.

Kedua, seluruh objek wisata dilarang menerima pengunjung pada malam pergantian tahun diantaranya, Tanjung Mutiara, Ombilin, Puncak Pato, Puncak Pas, Puncak Saduali, Aur Serumpun, Panorama Tabek Patah, Talago Atar, dan objek wisata lainnya.

Ketiga, dilarang menggunakan petasan, kembang api dan sejenisnya, kebut-kebutan dan penggunaan knalpot tak standar yang akan mengganggu ketertiban umum.

Keempat, meningkatkan kewaspadaan diri bahaya longsor dan banjir. Kelima, meningkatkan persatuan dan kesatuan masyarakat, jangan mudah terpancing oleh isu yang akan memecah belah dan merugikan masyarakat dan selalu meningkatkan Siskamling.

Keenam, diminta wali nagari dan wali jorong agar imbauan ini diumumkan kepada seluruh masyarakat.

"Kami meminta agar larangan perayaan merayakan malam tahun baru di objek wisata tersebut dan lain sebagainya benar-benar dipatuhi guna mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan" katanya.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar