Tiga rumah warga Koto Sani rusak dihantam tanah longsor

id Rumah dihantam longsor,longsor di solok,rumah terban

Tiga rumah warga Koto Sani rusak dihantam tanah longsor

Salah satu rumah yang rusak akibat longsor di Nagari Koto Sani, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok, Jumat. (ANTARA/HO-BPBD Solok)

​​​​​​​Arosuka (ANTARA) - Longsor terjadi di Nagari Koto Sani, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok, Sumatera Barat merusak sekitar tiga rumah warga di Ujung Ladang, serta sempat memutuskan jalan setempat.

"Kejadian berawal pada pukul 23.30 WIB Kamis (19/12) saat curah hujan cukup tinggi, sehingga mengakibatkan longsor," kata Kepala BPBD Kabupaten Solok, Armen di Koto Baru, Jumat.

Jalan kabupaten di nagari tersebut sempat terputus pada Jumat pagi hari. Setelah dilakukan gotong royong bersama masyarakat BPBD, TNI dan Polri akhirnya jalan sudah bisa dibersihkan dan dilalui kembali sekitar pukul 13.15 WIB.

"Untuk saat ini jalan sudah bisa dilewati kendaraan roda empat," ujarnya.

Armen menyebutkan tiga rumah yang rusak dan terban ke sungai akibat longsor tersebut, yaitu rumah Atri (Guru SDN 12 Koto Sani) yang mempunyai tujuh orang anggota, rumah Jafri Gindo Kayo dan rumah Aida.

"Alhamdulillah tidak ada korban jiwa saat ini dan kami terus memantau kondisi terkini di lapangan," ujarnya.

Untuk sementara, pihaknya telah menyiapkan logistik bantuan berupa dua terpal, lauk pauk, makanan tambahan gizi, perlengkapan SMA dua boks, SMP dua boks untuk disalurkan kepada korban yang rumahnya terkena longsor.

Kemudian juga ada bantuan dari Dinas Sosial yang langsung diserahkan Wakil Bupati Solok, Yulfadri Nurdin yang telah meninjau korban di lokasi kejadian.

Wakil Bupati Solok, Yulfadri Nurdin turut prihatin atas bencana yang menimpa warganya di Koto Sani. Pihaknya akan berusaha mengumpulkan bantuan untuk korban yang rumahnya terkena longsor.

Ia meminta warganya tetap waspada terhadap bencana alam, sebab curah hujan tinggi pada Desember ini.