Semarak, pawai alegoris Padang Panjang bakal diikuti 34 provinsi

id Kemah Budaya Nasional ,Pawai Alegoris,HUT Kemerdekaan RI,Padang Panjang

Ilustrasi - (Antara/Aubrey Fanani)

Padang Panjang (ANTARA) - Pawai alegoris memeriahkan HUT ke-74 Kemerdekaan RI di Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, akan ikut menampilkan peserta dari 33 provinsi lainnya di Indonesia.

"Kami menunda pelaksanaan pawai alegoris karena akan memadukannya dengan kegiatan Kemah Budaya Nasional X yang digelar di Padang Panjang," kata Wakil Wali Kota Asrul di Padang Panjang, Kamis.

Kemah Budaya Nasional (KBN) merupakan kegiatan yang digelar oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan tujuan mengenalkan kekayaan budaya Indonesia dan meningkatkan rasa persaudaraan.

KBN dilaksanakan selama enam hari yaitu mulai 26 sampai 31 Agustus 2019 sementara pawai alegoris dijadwalkan pelaksanaannya pada Kamis(29/8).

Wakil wali kota mengatakan pihaknya sudah menyampaikan informasi mengenai pawai alegoris tersebut kepada perwakilan dari 33 provinsi lainnya yang akan hadir di KBN X.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Padang Panjang Desmon menambahkan pawai alegoris menempuh rute sepanjang 1,1 kilometer dari Lapangan Kantin menuju Lapangan Bancah Laweh.

Setiap provinsi akan tampil mengenakan pakaian adat daerahnya masing-masing dan diharapkan kesempatan itu dapat menjadi edukasi bagi masyarakat yang menyaksikan mengenal keragaman pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia.

Sementara selain pawai alegoris, dalam rangkaian acara KBN sudah disiapkan sejumlah acara seperti tari massal saat pembukaan, berbagai permainan, jumpa tokoh dan dialog budaya dan sejarah, festival kuliner, pentas seni, wisata sejarah, tutur sejarah dan lainnya.

Diperkirakan saat acara pokok KBN di objek wisata Minang Fantasi (Mifan) diperkirakan diikuti oleh 1.200 peserta dari seluruh provinsi di Indonesia.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar