Festival Budaya Daerah, suguhan Padang Panjang dalam KBN X

id Kemah Budaya Nasional,Festival Budaya Daerah,Padang Panjang

Ilustrasi - Kirab budaya pada acara penutupan Kemah Budaya Nasional (KBN) IX di Parigi, Jumat (21/9) (Antaranews Sulteng/Humas Pemda Parimo)

Padang Panjang (ANTARA) - Pemerintah Kota Padang Panjang, Sumatera Barat menyiapkan kegiatan Festival Budaya Daerah dalam salah satu rangkaian acara Kemah Budaya Nasional (KBN) X yang dipusatkan di daerah itu.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Padang Panjang, Desmon di Padang Panjang, Kamis, mengatakan festival tersebut diharapkan dapat menguatkan tercapainya tujuan pengenalan budaya bagi para peserta yang hadir di KBN.

Festival Budaya Daerah dipadukan dengan acara kebudayaan Ragam Indonesia yang juga akan diisi oleh kuliner daerah, karya seni, karnaval dan lainnya.

"Nanti Padang Panjang yang isi karnaval dan kulinernya tapi kita juga tetap padukan dengan daerah lainnya," katanya.

Diperkirakan setiap provinsi akan mengirimkan 20 peserta atau hampir 700 tamu akan hadir di Padang Panjang selama KBN X pada 26 hingga 30 Agustus 2019.

Ia mengatakan tema KBN X yang dipusatkan di Padang Panjang yaitu Indonesia Meluas Pandang dari Bumi Minangkabau yang Asri.

Saat ini sudah ditetapkan kegiatan dipusatkan di objek wisata Minangkabau Fantasi (Mifan) di Silaing Bawah.

Selain di Mifan, para peserta juga akan diajak berkunjung ke lokasi-lokasi penting dan bersejarah di Padang Panjang seperti Diniyyah Puteri, Markas Secara B, Stasiun Kereta Api Padang Panjang, Desa Wisata Kubu Gadang dan lainnya.

Pemerintah setempat telah melaksanakan sejumlah rapat guna mempersiapkan kegiatan yang juga dapat menyuguhkan pengalaman kepramukaan yang berkesan bagi peserta.

"Persiapan KBN X masih berproses. Target kami H-2 semua persiapan sudah selesai dan evaluasi akhir persiapan," katanya.

Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar